Tips & Tricks
Mengenal Lebih Dalam AC Cielo

Mengenal Lebih Dalam AC Cielo

Tidak bisa dipungkiri lagi AC pada mobil merupakan ornamen yang sangat penting untuk kondisi cuaca di Indonesia saat ini (kecuali untuk cielo om Hari Dlongop cierebon). AC mobil mungkin sudah menjadi salah satu fitur paling penting bagi mobil. Keberadaan AC akan membantu menambah kenyamanan berkendara dalam segala cuaca. Oleh karena itu, maka perawatan AC secara berkala sangat penting untuk dilakukan agar AC mobil dapat selalu berada dalam kondisi yang optimal. Namun sayangnya, banyak pemilik Cielo yang menganggap remeh perawatan AC. Akibatnya, AC mobil mulai bermasalah sehingga kemudian menjadi rusak. Sebelum AC mobil rusak semakin parah, kenali beberapa gejala atau ciri-ciri AC mobil anda mulai rusak dan bermasalah.

Sebelum mengenali gejala2 masalah pada pada AC cielo, ada baiknya kita tahu bagaimana AC bekerja dan part2 yang bekerja mendinginkan ruangan tsb

Siklus AC Mobil

image001

  1. Kompresor AC berputar dan menghisap gas Freon pada tekanan yang rendah lalu memompa gas freon tadi menju kondensor AC dalam keadaan bertekanan dan memiliki temperature yang tinggi sehingga gas freon menjadi cairan freon yang bersuhu tinggi. Apabila tekanan/ pressure freon terlalu tinggi bisa bisa menyebabkan kerja kompresor menjadi berat sehingga ditugaskan pressure cut of untuk menghentikan kerja kompresor apabila tekanan pada selang high pressure lebih dari batas. Selanjutnya Freon cair tersebut diturunkan suhunya oleh kondensor (dibantu kipas) untuk diteruskan ke receifer dryer (filter AC).
  2. Freon cair kemudian melewati receiver dryer untuk di saring jika terdapat kotoran di dalam Freon.
  3. Setelah melalui receiver dryer, kemudian Freon menuju expansi valve untuk dikabutkan sehingga menjadi gas freon yang bersuhu sangat dingin dan didistribusikan ke evaporator. Evaporator inilah yang menjadi sumber udara dingin pada kabin kendaraan, Udara dingin yang terbentuk pada kisi2 evaporator ditiup oleh kipas blower AC untuk didistribusikan menjadi udara dingin pada kabin mobil. Tugas dari Thermostat AC adalah untuk mencegah terjadinya pembekuan pada valve expansi. Kabut freon yang bersuhu sangat dingin sehingga bisa menimbulkan kebekuan yang berujung pada tersumbatnya expansi, disinilah tugas thermostat AC untuk memutus kerja kompresor agar siklus AC berhenti.
  4. Selanjutnya gas freon dari evaporator dihisap oleh kompresor AC dan siklus tadi kembali berulang dari awal.

Masalah-masalah umum pada AC Cielo

  1. Bunyi Gemrincing pada kompresor

image003

Hal ini terjadi karena putaran pada As yang menggerakkan piston pada kompresor tidak lancar atau. Bisa dikarenakan oleh bearing pada as kompresor yang sudah aus atau As Kompresor itu sendiri yang sudah tidak bundar sempurna. Suara hanya terdengar saat kompresor bekerja / AC On

image006

Suara gemrincing bisa juga terjadi karena bearing puli pada kompresor yang sudah aus/ kocak/ rusak. Suara gemrincing sudah muncul saat AC of tetapi relatif kecil suaranya, begitu AC on suaranya bertambah keras karena bearing menahan beban kerja kompresor

2. Bunyi ngorok pada kompresor saat AC on

Bunyi ini terdengar seperti suara part yang kocak pada kompresor saat menghidupkan AC. Bengkel AC menyebutnya dengan kompresor sudah ngorok, hal ini terjadi karena piston dan atau cylinder pada kompresor telah baret. Compresor AC yang digunakan oleh cielo adalah compresor nippodenson, piston tidak menggunakan ring piston tetapi lapisan teflon yang sangat kuat. Tergoresnya piston atau cylinder terjadi karena pelumasan yang tidak bagus, bisa karena pengguanaan oli pada kompresor yang kurang bagus ataupun umur oli yang sudah sangat lama sehingga perlindungan terhadap piston dan cylinder pada kompresor menjadi berkurang. Itulah sebabnya sistem AC juga wajib di service secara berkala. Bila terjadi masalah ini tidak ada cara lain untuk menaganinya kecuali dengan mengganti copressor sa’ glondong

3. AC Mobil Kurang dingin

Biasanya bila AC Cielo kurang dingin, Cielo owner langsung memvonis bahwa terjadi kekurangan freon pada sistem AC cielo kita. Padahal sebab AC menjadi kurang dingin bermacam macam antara lain :

  • Evaporator kotor

image008

Selain membuat AC menjadi tidak dingin, kotornya evaporator juga mengganggu hembusan angin dari blower sehingga keluarnya angin pada kisi-kisi AC menjadi lemah. Debu yang menempel pada badan evaporator dan termostat AC akan membuat otomatis compressor menjadi tidak stabil untuk memutuskan arus ke compressor, alhasil membuat compressor akan jalan terus memompa Freon terus menerus dan membuat Evaporator mendapatkan supply Freon dingin secara menerus sehingga lama kelamaan menjadi Freeze / beku

  • Kondensor AC kotor

image010

Kondensor AC terletak di depan radiator Cielo, kondensor berfungsi untuk mendinginkan freon yang panas dan bertekanan tinggi, kotornya kisi2 pada kondensor menyebabkan aliran udara yang dihasilkan oleh kipas terganggu. Selain mengganggu kinerja AC, juga menggagu proses pendinginan mesin pada radiator.

  • Kipas AC/ radiator tidak bekerja maksimal

Kipas mesin pada cielo ada dua, ke duanya akan berputar saat AC on. Putaran kipas yang tidak maksimal selain menyebabkan proses pendinginan mesin yang tidak maksimal juga akan menyebabkan proses pendinginan freon pada kondensor juga terganggu. Hal ini berimbas pada freon yang dikabutkan oleh expansi menjadi kurang dingin.

  • Receiver drier / Filter Freon Kotor

image012

Berfungsi segabai penyaring freon bertekanan tinggi, Receiver drier yang sudah kotor membuat fungsinya sebagai filter terganggu sehingga freon yang dikabutkan oleh expansi juga tidak sempurna. Selain menyaring freon, Receiver drier juga berfungsi menyaring oli pada sistem AC. Kita wajib tahu bahwa oli yang dipakai untuk pelumasan pada kompresor bercampur dengan freon, sehingga penyaringan yang bagus juga akan membuat umur kompresor menjadi lebih awet. Receiver drier yang sudah sangat kotor bisa menyebabkan penyumbatan, hal ini bisa menyebabkan kerja kompresor menjadi berat, dan jika dibiarkan bisa merusak kompresor AC.

  • Tersumbatnya saluran buang air dari evaporator

Jika saluran buang ini tersumbat akan menyebabkan ovaporator penuh dengan air yang berasal dari hasil kondensasi dari evaporator. Biasanya air akan menetes pada kabin sebelah kiri depan penumpang. Hal ini selain sangat mengganggu kenyamanan juga menyebabkan aliran angin pada evaporator yang dihembuskan oleh blower menjadi terganggu sehingga AC menjadi kurang dingin

  • Freon kurang atau habis

Kurangnya freon biasanya terjadi karena adanya kebocoran pada sistem AC mobil atau memang pada saat pengisian freon yang kurang. Freon yang kurang menyebabkan proses pengabutan pada expansi menjadi tidak maksimal karena refrigerant/ freon cair bertekanan tinggi kurang pressurenya. Biasanya ditandai dengan gejala ac menjadi lebih dingin jika mesin pada rpm tinggi dimana refrigenrant ideal didapat. Bila freon habis tentunya AC sama sekali tidak dingin dan sistem ac juga tidak bekerja.

  • Kelebihan freon

Jangan salah, takaran freon yang terlalu banyak juga menyebabkan ac menjadi kurang dingin. Freon yang terlalu banyak menyebabkan terjadinya over pressure pada sistem AC, sehingga menyebabkan terjadinya overheating pada sistem AC. Disinilah tugas dari presure switch untuk memutus sistem AC, sehingga kompresor tidak bekerja. Kelebihan freon biasanya ditandai dengan pipa high presure pada sistem AC sangat panas (menyengat tidak bisa dipegang).

  • Kelebihan Oli pada kompresor

Sama halnya dengan kelebihan freon, selain menyebabkan terjadinya over presure pada sistem AC, kelebihan oli pada kompresor juga menyebabkan kualitas/ takaran freon yang dikabut oleh expansi menjadi tidak maksimal. Gejalanya sama dengan kelebihan freon

  • Magnetic Clutch tidak bekerja

image014

Saat AC on pada cielo ditandai dengan pressure plate yang menempel pada pulley sehingga kadang terdengar bunyi ctek pada kompresor dan pressure plate akan berputar menandakan kompresor telah bekerja. Dengan asumsi bahwa sistem lain baik-baik saja tetapi saat AC on magnetic clutch tidak bekerja berarti ada dua kemungkinan yaitu arus listrik tidak sampai ke coil pada kompresor (field Coil) atau coil itu sendiri yang tidak bekerja. Jika arus listrik tidak bekerja maka kita harus mengurut jalur kelistrikan pada AC tersebut. Tetapi jika coil yang tidak bekerja ya harus diganti.

  • Kompresor aus/ rusak

Ditandai dengan tekanan yang tidak normal (jika dibaca dengan alat pengukur tekanan pada ac biasanya jarum goyang atau pada pipa high pressure kurang) dan biasanya diikuti dengan timbulnya bunyi kasar (ngorok) pada saat AC on.

  • Kesalahan pemakaian type freon

Freon AC mobil sangat berbeda dengan freon pada AC rumah, pemakaian type freon yang salah selain menyebabkan ac menjadi tidak dingin juga dapat menyebabkan kerusakan yang serius pada sistem AC mobil kita.

  • Kebocoran pada sistem AC

Kebocoran biasanya terjadi pada seal2 pada kompresor, sambungan2 dan pada evaporator (karena faktor umur / korosi). Ditandai dengan freon yang selalu berkurang, AC dingin sesaat setelah diisi freon, smakin lama semakin tidak dingin.

Smoga berguna

Salam solped

Paklik & Mbah Dar

image016

67 thoughts on “Mengenal Lebih Dalam AC Cielo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *