Selain Faktor Mesin, Apa Yang Membuat Konsumsi Bbm Boros?

Cielo Boros !!

image001Boros!!, kata-kata itulah yang sering muncul di kalangan pengguna cileo maupun yang ingin menggunakan cielo. Tetapi dengan penanganan yang maksimal consumsi bbm cielo lebih efisien dan tenaga mesin bisa lebih maksimal didapat. Sebenarnya jika ukuran boros hanya diambil dari Fuel Consumtion (FC) per liter pada mobil tidak fair jika tidak dibandingkan dengan kapasitas mesin, tenaga serta berat mobil tersebut.

FC Cielo non VTEC normal untuk dalam kota berkisar antara 1 : 6-7 dan untuk luar kota 1 : 9-11, untuk yang udah VTEC FC-nya lebih bagus, dalam kota bisa berkisar 1 : 7-9 dan untuk luar kota 1 : 10 – 12. Boros? Sebenarnya jika dibandingkan mobil merk lain (misal In##a) dengan kapasitas mesin yang lebih kecil 200 CC (Cielo 2200 cc, In##a 2000 cc), FC cileo bisa dibilang lebih irit lho, terlebih yang sudah VTEC (tahun 1996 – 1998)!

Selain mesin ada beberapa hal non mesin yang menyebabkan borosnya konsumsi bbm, antara lain :

  • Perilaku mengemudi

image002Memanaskan mesin berlama-lama, padahal memanaskan mesin cukup 3-5 menit. Jika dipanaskan sampai 15 menit maka berapa BBM yang dikeluarkan? Berkendara di RPM tinggi juga menyebabkan konsumsi bbm lebih boros. Jaga putaran mesin pada 1500 sampai 2500 rpm, berkendaralah dengan bijak dengan menggunakan RPM rendah terlebih dahulu, jika tidak memungkinkan atau dirasa tidak kuat boleh kita menaikkan rpm mesin agar bisa menanjak atau menyalip, intinya berkendaralah pada rpm yang dibutuhkan. Mengemudi Spontan (gaya sok pembalap), misalnya terlalu sering menginjak pedal gas secara spontan atau pedal rem secara spontan atau bermanuver dengan spontan dapat menyebabkan meningkatnya konsumsi bbm mobil. Membawa beban berlebih pada mobil bisa memicu meningkatnya konsumsi bbm karena mesin membutuhkan tenaga lebih besar untuk membawa beban yang lebih berat, jangan membawa barang yang didak diperlukan, turunkan dari mobil segera setelah perlunya selesai dan jangan dibawa jika tidak diperlukan

  • Pemakaian ban yang tidak sesuai dengan standar pabrik

image003Gaul, keren, elegan, sporty!! Itulah yang didapat jika cielo menggunakan velg R 17 s/d 20 Inci. Konsekuensi penggunaan ban tersebut menyebabkan konsumsi bbm menjadi lebih boros. Penggunaan velg besar dan lebar mengharuskan menggunakan ban dengan tapak yang lebih lebar sehingga gesekan yang terjadi antara permukaan jalan dengan ban menjadi lebih banyak. Belum lagi penambahan berat pada masing masing ban. Hal ini menyebabkan tenaga yang dibutuhkan untuk memutar roda lebih besar dari yang seharusnya dikeluarkan jika menggunakan ban standar sesuai spesifikasi pabrik. Selain itu tekanan ban yang kurang juga menyebabkan permukaan ban yang menyentuh aspal (meskipun ban standar) lebih banyak.

  • Penggunaan perangkat elektronik yang berlebihan pada mobil

image004Selain menambah beban berat kendaraan, pemakaian perangkat elektronik yang berlebihan menyebabkan kerja mesin untuk mensupply listrik yang dibutuhkan menjadi lebih berat. Kerja mesin yang lebih berat berimbas pada konsumsi bbm yang lebih banyak.

  • Penggunaan knalpot racing

image005Sebenarnya hal ini menyangkut ke psikologis pengemudi, penggunaan knalpot racing (rata-rata bersuara besar) memicu pengemudi untuk menginjak pedal gas lebih dalam (ga enak klo pelan-pelan), bahkan kadang2 pada posisi mobil diam di lampu merah pun main blayer (istilah gaulnya/ padahal lebay banget tuh !!). Penggunaan knalpot racing sangat mempengaruhi prilaku pengemudi, so jangan takut boros jika pake knalpot model ini!!

  • Kondisi jalan

image006Faktor lain yang menyebabkan bbm boros adalah kondisi jalan, menggunakan kendaraan pada kondisi jalan yang lurus, landai, mulus dan sepi tentu berbeda dengan berkendara di jalan yang berkelok, naik-turun, rusak dan ramai. Pada kondisi jalan yang lurus, landai, mulus dan sepi mesin tidak bekerja berat tidak ada penghalang berarti sehingga konsumsi bbm pastilah lebih irit, lain halnya jika kondisi sebaliknya

Jangan lupa berdoa sebelum berkendara, you’re not alone on the street so mind of others too, sehebat-hebatnya kita kebut2an di jalan raya tidak akan pernah dapat piala, yang ada cuma kemungkinan dapat celaka, Jangan biarkan emosi menguasai diri Anda saat berkendara & berpikir sebelum bertindak, ngebut bukan berarti hebat, tertib baru hebat. Sayangi diri anda, keluarga dan orang lain dengan berkendaraan dengan tertib dan aman

Safe Driving  Save Your Life

 

Salam Solped
Mr. Luluk & Mbah Darmi

image026

Post Author: admin

7 thoughts on “Selain Faktor Mesin, Apa Yang Membuat Konsumsi Bbm Boros?

    masdar helmi

    (February 23, 2016 - 4:42 pm)

    Solped

    zulvian L

    (May 29, 2016 - 9:25 pm)

    pak, pada saat awal di pakai (pagi) kopling saya kadang2 berat tidak dapt di pindahkan atau masuk gigi 1. padahal pedal kopling poll di injak.. mohon bantuan poro guru, bimbingannya. kira2 saya harus bagaimana.. COD di Juanda….

      Luluk

      (June 9, 2016 - 6:54 am)

      Coba pedal kopling di seting ulang agar lebih tinggi om Zul, Presneling susah masuk disebabkan kampas kopling yang tidak bebas sepenuhnya dari jepitan matahari dan roda gila, setingan pedal kopling yang terlalu rendah bisa menyebabkan hal ini. Selengkapnya silahkan baca di https://cieloownercommunity.com/teknik/kopling-honda-accord-cielo/
      Smoga solped

    Hakim

    (November 1, 2017 - 5:46 am)

    Om, mobil saya habis over heat, trus mau rencana turun mesin sekalian naikin cc, kira kira apa aja yg perlu di ganti om.? Kisaran harga berapa ya.?

      Luluk

      (December 9, 2017 - 11:41 am)

      skalian swap engine om, up grade ke H 22, F23 skalian om

    edwin bones

    (November 10, 2017 - 8:19 pm)

    permisi Om, mau nanya. mobil saya kalo dipanasin pagi rpm nya down. bahkan ketika stasioner(langsam) kedengaran nya sperti trun naik rpm nya. Mhon bantuan Info nya Om.’ thanks before…..

      Luluk

      (December 9, 2017 - 11:44 am)

      Sensor FITV (Fast Idle Thermo Valve) tidak bekerja tuh om, harus bongkar throttle dan di bersihkan dan ditelusuri apakah jalur air yang atau jalur udara yang terganggu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *