Permasalahan Pada Kaki-Kaki Accord Cielo dan Solusinya

image001Disadari atau tidak, kebiasaan menyerahkan sepenuhnya penanganan kerusakan kepada bengkel atau montir setiap merasa ada kerusakan pada mobil, bisa berakibat pembengkakan biaya perbaikan yang cukup signifikan. Cielo Owner umumnya lebih suka membawa kendaraannya langsung ke bengkel perbaikan begitu merasakan ada masalah cielonya. Salah satu kebiasaan itu karena ketidakkenalan sang owner terhadap sang cielo. Para Owner Cielo kerap tidak menyadari bahwa ongkos yang mereka bayar saat membawa kendaraannya sejatinya jauh lebih besar dari yang seharusnya. Hal itu terjadi karena beberapa komponen yang sebenarnya tidak bermasalah diganti oleh mekanik bengkel. Walhasil, ongkos pun membengkak. Itu bisa terjadi karena diagnosis yang salah dari owner atau mekanik saat memeriksa kondisi cielo. Bahkan, tidak jarang ada oknum mekanik/bengkel nakal, sehingga mengada-ada. Ulah oknum bengkel nakal seperti itu semakin menjadi-jadi manakala pemilik mobil tidak paham sama sekali ihwal berbagai kemungkinan permasalahan.  Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mengenali gejala kerusakan yang umum terjadi, ciri-cirinya, hingga apa yang seharusnya dilakukan untuk mengatasinya.

Cielo adalah sedan kelas premium yang mewah (pada jamannya), selain body yang tidak pernah ketinggalan jaman, salah satu keunggulan cielo adalah sisi kenyamanan. Kenyamanan sebuah kendaraan tergantung dari konstruksi kaki-kaki, suspensi serta komponen lainnya yang berhubungan (Ban, velg dll). Kenyamanan cielo berkonsekuensi kepada kaki-kaki yang lumayan ribet dan dan part yang lebih banyak dari pada sedan merk lain pada kelas yang sama (To##ta Coro## Abs#####). Belum lagi berat kosong cielo yang mencapai 1,3 ton!

  • Stir bergetar pada kecepatan tertentu

image003Kestabilan setir pada saat berkendara pada kecepatan tertentu (tinggi apda umumnya) sangat tergantung pada stabilitas putaran roda depan. Putaran yang yang stabil pada ban bisa diperoleh jika ban tersebut memiliki berat yang seiimbang pada semua sisi. Apabila putaran ban tidak stabil maka menyebabkan stir bergetar pada putaran tersebut. Selain tidak nyaman dikendarai, hal tersebut bisa mereduksi umur part yang berhubungan dengan stir misalnya, bearing roda, tyrod end, rack end, dan PS. Bila Cielo owner mengalami masalah ini, segeralah mobil dibawa ke bengkel yang bisa melakukan balancing roda. Mengapa ban menjadi bisa tidak stabil putarannya? Banyak hal yang menyebabkan roda tidak berputar stabil, misalnya ; kualitas ban itu sendiri, velg yang tidak center, terlalu sering berkendara di jalan yang rusak dan kebiasaan menghajar lubang di jalanan (bukan lubang berjalan).

  • Stir bergetar pada saat pengereman terutama pada kecepatan tinggi

image004Stabilitas mobil waktu dilakukan pengereman juga sangat penting, selain faktor ketidaknyamanan saat melakukan pengereman, yang terpenting adalah faktor keaamanan. Karena saat melakukan pengereman sangat dibutuhkan kontrol yang bagus pada kendaraan agar bisa berhenti atau menghindari bahaya dengan sempurna. Pada kasus yang lebih parah, getaran tidak hanya terasa pada setir saja, tetapi bisa dirasakan juga pada pedal rem. Penyebab utama masalah ini adalah cakram yang sudah tidak rata, pinggiran yang mulai tergerus, cakram mulai bergelombang atau bengkok atau bahkan pemasangan yang tidak lurus dan seimbang. Cakram memang didesain dengan bahan yang kuat, tahan panas dan juga tahan benturan. Namun hal ini tidak berarti kalau cakram tidak dapat mengalami cacat atau kerusakan. Gerusan debu atau pasir secara terus menerus, benturan yang keras serta penggunaan kampas rem yang ternyata menipis juga bisa saja merusak permukaan piringan cakram.

Solusi dari masalah ini tergantung dari masalah yang menyebabkan getaran tersebut, untuk cakram yang sudah tidak rata, bergelombang, bengkok disarankan untuk mengganti yang baru. Meskipun ada cara lain yaitu dengan melakukan pembubutan sehingga menjadi rata, tetapi dengan dibubut berarti cakram menjadi semakin tipis dan lebih cepat panas. Hal ini menyebabkan proses pengereman yang menjadi kurang bagus (titik pengereman menjadi lebih jauh). Lain hanya jika getaran tersebut terjadi karena pemasangan cakram yang tidak lurus/seimbang, tinggal dilakukan pemasangan ulang agar benar benar presisi dan tidak bergetar lagi.

  • Setir menarik ke salah satu sisi

image006Penyebab utama masalah ini adalah daya cengkram ban yang berbeda antara roda kiri dan kanan, hal ini disebabkan oleh beberapa hal antara lain, tekanan ban yang tidak sama, profil ban yang berbeda, jenis (merk) ban lain kiri lain kanan, sudut chamber yang berbeda, posisi roda depan dan belakang yang tidak lurus/ center atau bahkan kerusakan pada sistem kemudi / power steering mobil .

Jika yang menimbulkan masalah adalah bukan karena kerusakan pada sistem kemudi, owner bisa mengatasi masalah tersebut dengan melakukan spooring, tetapi sebelum melakukan spooring pastikan bahwa ban kiri dan kanan ; tekanan ban, profil, merk sama dan kodisi kaki kaki masih bagus sehingga bisa spooring dengan baik. Lain hanya jika yang menyebabkan setir menarik ke salah satu sisi adalah kerusakan pada sistem kemudi. Yang bisa dilakukan adalah dengan memperbaiki sistem kemudi yang mengalami kerusakan.

  • Bagian Dalam Ban Lebih Cepat Aus

image007Sudut chamber negatif menyebabkan tekan ban lebih berat pada roda bagian dalam, hal ini menyebabkan keausan ban dalam menjadi lebih cepat, semakin besar sudut chamber negatif roda semakin cepat proses keausan ban bagian dalam. Kosntruksi suspensi cielo tidak dapat dilakukan penyetelan sudut chamber, semakin rendah (ceper) mobil maka sudut chamber negatif makin besar. Jadi bagi cielo owner yang mobilnya diceperin sebaiknya melakukan merotasi ban (ban kiri pindah ke kanan dan hanya ban yang dipindah, bukan velg-nya) setidaknya setiap 6 bulan sekali agar usia ban lebih panjang dan keausan ban rata. Sudut chamber yang terlalu negatif sebenarnya bisa di akali dengan memodifikasi upper arm roda (serahkan pada ahlinya) dengan catatan bisa ditanggung jawabkan tingkat kepresisian modifikasi tersebut.

  • Ban depan kletek2 saat berbelok tajam

image009Suara tersebut timbul karena penyaluran tenaga dari gearbok ke roda yang mengalami masalah, pada cielo yang sering terjadi adalah kerusakan pada in board joint (cross joint / kokel istilah bengkelnya). Sebenarnya suara itu timbul dikarenakan kerusakan pada roller di inboard joint itu sendiri. Solusi dari masalah ini bisa dengan melakukan penggantian inboard joint utuh (sak glondong) ataupun dengan melakukan penggantian pada roller-nya saja (lebih murah). Kerusakan yang terjadi pada cross joint / kokel terjadi karena pelumasan pada roller yang tidak bagus, biasanya karena gemuk yang sudah mulai mengering atau karena boot (karet penutup) yang rusak sehingga kotoran dan air masuk ke rumah roller dari cross joint tersebut.

  • Bunyi yang tidak normal terutama saat melewati jalan rusak

Ada beberpa kemungkinan sebab bunyi2an merdu tersebut :

  • Suspension Ball Joint oblak (ball joint yang ada di atas ban), indentifikasi kerusakan ini dilakukan dengan cara mengdongkrak ban depan lalu menggoyang-goyang ban arah atas-bawah, klo rusak maka ban akan kocak ke atas bawah, dan klo udah berlangsung lama diikuti dengan keausan ban depan yang tidak merata, ban bagian luar dan dalam lebih cepat aus. Ini bisa terjadi pada ke empat ban.

image010

  • Tie Rod End Ball Joint (ball joint yang ada di tie rod), indentifikasi kerusakan ini dilakukan dengan cara mengdongkrak ban depan lalu menggoyang-goyang ban arah kiri-kanan, klo rusak maka ban akan kocak ke kiri-kanan. Kerusakan pada bagian ini biasanya menimbulkan bunyi atau getaran tidak normal ketika stir dibelokkan ke kiri atau ke kanan. Ini terjadi hanya pada roda depan saja

image012

  • Rack End (penghubung tie rod dengan power stering), identifikasinya sama dengan point b, tapi bunyi kocaknya bersumber di bagian dalam. Biasanya klo lewat jalan kriting ada bunyi2an klek-4x

image014

  • Shock yang sudah mati, dalam kondisi yang udah parah biasanya diiringi dengan bunyi2an yang merdu dan mobil yang rasanya ajrut2-an bila lewat jalan gelombang, apalagi jalan kenceng, gelombang dan bekelok-kelok, dibutuhkan nyali yang besar untuk melaluinya dengan kecepatan tinggi

image016

  • Bearing roda kocak, indentifikasi kerusakan di bagian ini dapat dilakukan saat ban depan tergantung yakni dengan memutar ban depan dengan tangan. Jika terjadi kerusakan, akan ada bunyi yang makin membesar jika ban diputar lebih cepat. Dapat juga kita rasakan pada saat melewati jalan yang mulus terdengar suara yang yang bersumber dari ban seirama dengan kecepatan mobil

image017

Terjadinya kerusakan pada part yang menimbulkan bunyi-bunyian merdu tersebut disebabkan karena selain umur pakai dari part tersebut juga karena pola mengemudi para cielo owner yang terlalu sering melewati jalanan yang rusak, main hajar lubang di jalan serta modifikasi yang extrim pada kaki-kaki mobil yang memperpendek usia pada part tersebut (terlalu ceper, polio, menggunakan velg yang extra besar dll ).

Salam Solped

Mr. Luluk dan Mbah Darmi

image026

Post Author: admin

24 thoughts on “Permasalahan Pada Kaki-Kaki Accord Cielo dan Solusinya

    hari

    (February 22, 2016 - 3:42 am)

    solped daaaah solped..mantep om luluk
    #itu yg disampingnya siapa om??? 😀

      Luluk

      (February 22, 2016 - 4:11 am)

      Mantri gendhen iku om har dlongop

    ketut bayu

    (February 29, 2016 - 2:52 pm)

    Terima kasih sharingnya, sangat bermanfaat..semoga coc makin maju

    Saydina

    (October 1, 2016 - 7:35 pm)

    Gan, ana mau nanya gan :
    Apa bisa mobil Cielo 1997 dipasang Turbo..???
    Kalau bisa apa manfaat nya dan negatif nya gan…?
    Beli alat dan masang dimana gan……
    Makasih byk gan…..

      Luluk

      (October 2, 2016 - 12:11 pm)

      Bisa saja om, ada beberapa owner yang sudah pake misal om hari sudjatmiko cifebon
      Dgn pasang turbo mungkin tenaga akan bertambah so bbm juga akan smakin boros, daya tahan mesin juga akan tereduksi karena peruntukan f22 yg beredar di indonesia bukan untuk dipasangi turbo

      Putera

      (February 3, 2017 - 5:12 pm)

      Bisa gan..
      Punya ane juga lagi proses pasang turbo..

    Saydina

    (October 2, 2016 - 9:36 pm)

    Makasih Mas Luluk ats penjelasan nya…….

    Dimana alamat pembuatan BODYKIT banper depan/belakang utk di jakarta ya Mas Luluk…???

    Tri wahyu w

    (October 19, 2016 - 8:26 pm)

    Om..mau tanya,
    Utk daerah jogja,,bengkel recomended utk check kaki kaki cielo dimana?
    Bisa minta cp bengkelnya?
    Terimakasih

    Tria Rahadi Putra

    (November 21, 2016 - 6:35 pm)

    Makash om.

    Nyoman

    (December 17, 2016 - 2:29 am)

    Halo om
    Sebelumnya salam kenal
    mau nanya cielo sya tahun 95,klo saat jln di rpm rendah,trus kita tahan rpm nya ada muncul suara keletek2 dari bagian depan,kalau di tambah rpm nya biar agak kenceng hilang dia om,itu kira2 kerusakan nya apa ya ?
    Makasih sebelumnya om

      Luluk

      (December 17, 2016 - 8:53 am)

      Pastikan dulu om, suara itu berasal dari daleman mesin ataukah hanya baut pemegang sesuatu yang kendor
      Klo suara itu dari mesin harus di analisa lebih lanjut ke bengkel kepercayaan sampean, soalnya suara2 merdu tsb sumbernya bisa macam2, rumah noken as?, Noken as??, balancer??, dll

    Sigit

    (December 17, 2016 - 1:40 pm)

    Mau tanya,kl harga cross joint itu biasanya sampai berapa ya?? Dan dmn tempat yg bs pesan dan kirim2 yg recomended?? Maklum ditempat saya harus pesan dl kl onderdil cielo,takutnya salah harga.. terima kasih sebelumnya.

    DaChun

    (December 19, 2016 - 7:15 am)

    Siiiip…infonya…

    DaChun

    (December 19, 2016 - 7:19 am)

    Maaf Om mau tanya… cielo sy thn 94 kenapa ya kalo di tanjakan tenaganya kedodoran…trims

    Rudi

    (December 20, 2016 - 4:24 am)

    Salam kenal om Luluk. Sebelumnya saya ucapkan terimakasih untuk tips yg dibagikan. Selain itu ada yang ingin saya tanyakan mengenai Accord 2002 sy yang timbul suara seperti besi yg karatan (kreket..kreket) di roda depan kanan. Sementara pemeriksaan tie rod, ball join msh bagus menurut bengkel. Kira2 apa penyebabnya ya? Terimakasih sebelumnya.

      Iman

      (December 28, 2016 - 1:02 am)

      Salm knal om… Mau tanya,, napa y kalau mesin dingin injakan kopling normal sj,, tapi udh pnas injakan koplingny jdi keras,, tpi tarikan normal2 saja,, hanya setingan kopling jd kayak brubah ubah gitu om.. Thanks sbelumny

    #Ajat

    (January 26, 2017 - 10:31 pm)

    Salam kenal om…

    Minta infonya dong om… bengkel buat cielo daerah cirebon yg bagus dan ngerti cielo + spare part tersedia dimna ya om…

    Thank’s

      Luluk

      (January 27, 2017 - 8:51 am)

      Coba hubungi COC cirebon om, bisa di cari di grup FB Honda Accord Cielo Indonesia atau grup Cielo Owner Community

    Aan

    (May 8, 2017 - 12:25 am)

    Salam kenal om, oiya om sy py cielo 96 setelah service powerstering , tradisional ternyata setiap kali belok oli / minyak netes, kt y org bengkel as nya d kroom, kira2 yg rusak itu apanya om?.trims

      Luluk

      (May 9, 2017 - 6:33 am)

      Seal rack power steernya bocor tuh om, sebaiknya saat ganti seal rack steer power steering di cek dulu kondisi as rack PS nya, klo sudah baret harus di chroom ulang

    rover

    (May 28, 2017 - 3:50 pm)

    om.cielo saya stir nya diputar ke kiri keras banget om.tapi kalo kekanan enteng aja om..gimana solusi nya om??mohon bantuan nya om.trims om

    Soleh adi mulya

    (November 30, 2017 - 9:19 pm)

    Om mau tanya nih mobil saya kalo belok kiri atau kanan suka ada bunyi kreekek kreekeek udh di bawa ke bengkel ko saran mreka harus ganti boll join apa ada saran lain om

      Luluk

      (December 9, 2017 - 10:21 am)

      kemungkinan memang ball joint atas or bawah, bisa juga tierod jointnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *