Teknik dan Tutorial
Mengenali gejala-gejala power steering bermasalah

Mengenali gejala-gejala power steering bermasalah

Masih seputar mendeteksi cielo, sebelumnya TS telah mencoba menyajikan cara-cara mendeteksi mesin yang terbagi menjadi tiga part

Part I : https://cieloownercommunity.com/teknik/mendeteksi-mesin-mobil-part-i/ seputar tanda-tanda pada dashboard

Part II : https://cieloownercommunity.com/teknik/mendeteksi-mesin-mobil-part-ii/ tentang keluarnya asap pada knalpot

Part III : https://cieloownercommunity.com/teknik/mendeteksi-mesin-mobil-part-iii/ mengenali performa mesin melalui penampakan pada busi

Pada kesempatan ini TS mencoba menyajikan seputar permasalahan yang sering terjadi pada power steering. Cielo masih menggunakan power steering hidrolik yaitu sistem power steering (PS) yang menggunakan jasa tekanan oli. Seiring dengan bertambahnya usia mobil, part2 di PS juga mengalami penurunan performa. Idealnya PS dilakukan pengecekan secara berkala dan dilakukan penggantian part (terutama seal2nya) pada waktu yang ditentukan. pada Berikut penampakan skema power steering pada accord cielo

image001

Setir Terasa Berat Pada RPM Rendah

Pada umumnya mekanik/bengkel akan langsung memvonis pompa PS sudah lemah/kena, harus diganti sa’ glondong, seketika mak deg!!. Padahal belum tentu masalah tersebut karena pompa PS yang sudah lemah/kena. Setir yang terasa berat saat putaran terjadi karena kurangnya tekanan minyak ke rack pinion, hal tersebut bisa disebabkan oleh beberapa hal antara lain :

  • Minyak yang tidak sesuai (tercampur/ viskositas kekentalan rendah)

image003

Solusinya adalah dengan mengganti minyak PS sesuai dengan anjuran pabrikan. Lebih maksimal bila dibleeding (kuras terlebih dahulu) sekalian untuk membersihkan kotoran yang mungkin mengendap. Untuk menguras oli PS membutuhkan kurang lebih 2 liter oli PS dan sebaiknya dilakukan oleh ahlinya.

  • Pipa High Presure yang penyok

image004

Pipa yang penyok yang menyebabkan terganggunya aliran oli PS, hal ini menyebabkan tekanan pada putaran rendah menjadi tidak maksimal dan kerja pompa PS menjadi lebih berat.

  • Tekanan Ban depan yang terlalu rendah/ pemakaian ban yang terlalu lebar

image005

Tekanan ban yang terlalau rendah atau penggunaan ban dengan profil tapak yang lebih lebar mengakibatkan gesekan ban pada aspal lebih banyak. Hal ini menyebabkan pergerakan ban saat belok menjadi lebih berat terutama saat dibelokkan pada kondisi tidak jalan dan rpm rendah.

  • Tie Rod End Ball Join lengket

image007

Hal ini jarang sekali terjadi, yang sering terjadi justru sebaliknya, tie rod end ball joint yang oblak..heheheh.

  • Pemasangan Cam Ring pada pompa PS terbalik

image009Pump

Pemasangan Cam Ring yang terbalik menyebabkan aliran oli PS pada pompa PS itu sendiri tidak bersirkulasi dengan lancar, hal ini menyebabkan Tekanan Hidrolik pompa ps tidak mau naik atau naik secara perlahan perlahan

  • O ring pada Steering Rack sudah kaku/aus

image011

O-Ring yang sudah kaku/aus menyebabkan terjadinya kebocoran presure saat oli mengalir ke steering rack, selain menyebabkan power steering menjadi berat saat rpm rendah, hal tersebut juga bisa menimbulkan luka baret pada cylinder housing bila dibiarkan dalam jangka waktu yang panjang.

Setir Terasa Berat Sesaat Saat Diputar

  • Udara masuk ke sistem PS (masuk angin istilah bengkelnya)

image013

Kita bisa menanggulanginya dengan kerokan hehehehe

Udara yang masuk ke sistem power steering menyebabkan terjadinya pressure yang tertuda karena oli terlebih dahulu mengkompresi udara pada sistem PS. Masuknya udara pada sistem ps bisa disebabkan karena takaran oli PS yang kurang atau terjadi kebocoran pada pipa/selang balik / low pressure yang menuju tangki reservoir oli PS.

  • Belt Pompa PS selip

image014

setingan belt yang terlalu kendor atau kecipratan oli sehingga puli tidak berputar sesuai dengan putaran mesin, segera kencengin setelan belt bs atau ganti bila perlu. Biasanya diikuti dengan suara yang berdecit pada belt PS.

  • Steering gearbox yang rusak

image016

Valve atau klep pada steering gearbok mengatur pergerakan oli untuk mendorong rack ke kiri atau ke kanan, kerusakan pada klep ini menyebabkan distribusi oli bertekanan tinggi pada gearbox steer terganggu.

 

 

Salam solped

Paklik & Simbah

image011

119 thoughts on “Mengenali gejala-gejala power steering bermasalah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *