Mengenal Sensor Honda Accord Cielo

MENGENAL SENSOR HONDA ACCORD CIELO

VXjzGaGq

Sensor pada mesin Honda Accord Cielo mempunyai fungsi yang sangat vital dalam sistem control mesin, dimana fungsinya memberikan input dan masukan  ke ECU untuk selanjutnya di eksekusi oleh aktuator.

Berikut ini daftar nama macam-macam Sensor pada Honda Accord Cielo :

  1. ECU

33wyrvZ7

Engine Control Unit atau dikenal juga dengan ECM (Engine Controle Modul) adalah system elektronik yang mengontrol beberapa aspek pada mesin. ECU menentukan jumlah bensin, waktu pengapian dan beberapa parameter lain yang dimonitor oleh sensor yang ada dimesin yang memberikan signal berupa besaran arus atau resistansi. Letaknya di sebelah kiri kabin sering diinjak sama pasangan nyetir kita

  1. Heated Oxygen Sensor

Heated Oxygen sensor atau sensor oksigen adalah sensor yang bertugas untuk mendeteksi jumlah oksigen dalam gas buang dan mengirim sinyal ke ECU dan mengatur campuran bahan bakar udara ke tingkat yang optimal. Terkadang kerusakan dari oksigen sensor bias terdeksi dari bau asap knalpot ( bagi yang sudah terbiasa)

  1. MAP Sensor

MAP (Manifold Absolute Pressure) Sensor adalah sensor yang menghasilkan informasi tekanan secara instant yang digunakan untuk menghitung kepadatan udara (air density) dan menentukan Air Mass Flow Rate yang kemudian digunakan ECU untuk menghitung jumlah aliran bahan bakar yang sesuai. Data-data lain yang diperlukan untuk kendaraan yang menggundakan MAP system adalah Speed Density, Putaran mesin, dan temperatur udara. Letaknya diatas Throtle body, berbentuk kotak hitam.

  1. Crankshaft Position (CKP)

Crankshaft Position Sensor ( CKP ) adalah sensor yang mendeteksi adanya putaran mesin. Sensor CKP dipasang untuk mendeteksi posisi crankshaft. Sinyal informasi yang dikirim sensor CKP ke ECU untuk ditentukan kapan waktu penyemprotan bahan bakar, berapa lama penyemprotan, menghentikan bahan bakar pada waktu deselerasi dan menentukan saat pengapian. Jika sensor ini dipasang dekat dengan poros nok/katup, disebut Camshaft Position Sensor (CMP). Kedua sensor tersebut disamping berfungsi untuk mengetahui adanya putaran mesin juga berfungsi untuk mengendalikan sistem pengapian mesin tersebut. CKP & CMP Terletak di dalam delko/ distributor.

  1. Engine Coolant Temperature (ECT)

7DooFtRp

Sensor ECT bertugas untuk mendeteksi keadaan suhu mesin, posisinya di bawah delko/distributor, berfungsi untuk mesin berpendingin cairan. Dengan adanya sensor ECT mengirim sinyal ke ECU lalu dari ECU akan mengirimkan jumlah bahan bakar yang diinjeksikan sesuai dengan suhu mesin, sehingga lebih optimal.

  1. Thorttle Position Sensor (TPS)

Throttle Position Sensor, adalah sensoryang digunakan untuk memonitor posisi throttle pada mesin. Sensor ini biasanya berbentuk potensiometer yang berubah-ubah nilai resistansinya sesuai dengan posisi daripada flap. Signal yang dihasilkan kemudian dikirimkan ke ECU sebagai input untuk mengontrol Waktu pengapian dan waktu injeksi. Terletak pada Throttle body bagian butterfly spindle (flap throttle), sehingga dapat secara langsung memonitor posisi bukaan dari flap tersebut.

  1. Top Dead Center Position (TDC)

TDP adalah sensor yang digunakan untuk mengetahui titik mati atas silinder nomor satu. Hal ini biasanya digunakan untuk menentukan firing order ( FO )

  1. Intake Air Temperatur Sensor (IAT)

Intake Air Temperatur, adalah sensor yang digunakan untuk mengetahui suhu udara masuk ke intake manipold, semakin dingin suhu udara masuk maka akan semakin besar pulsa tegangan yang dikirimkan ke ECU, sehingga suplai bensin ke injector juga semakin besar. IAT sensor berfungsi untuk menghitung temperatur udara yang masuk, pada cielo IAT sensor terletak pada belakang throttle body.

  1. Idle Air Control (IAC) Valve

Idle Air Control (IAC) berfungsi untuk menambah atau mengurangi jumlah udara yang masuk ke intake air chamber saat throttle valve tertutup pada kondisi temperature mesin masih dingin (fast idle) dan saat beban eletrik difungsikan (idle up). Jika beban listrik difungsikan (lampu-lampu, A/C, P/S & audio) maka katup Idle Air Control akan membuka untuk menambah udara yang masuk ke intake air chamber. Dengan bertambahnya udara yang masuk, maka Engine Control Modul (ECM) akan mendeteksi dan menambah jumlah penginjeksian pada injector. Demikian sebaliknya, jika beban listrik tidak difungsikan maka katup Idle Air Control (IAC) akan menutup sehingga putaran mesin kembali ke idle. Catatan penting untuk IAC Valve harus dalam kondisi bersih agar putaran mesin selalu stabil.

  1. Fuel Injector

Fuel Injector adalah perangkat electronic yang diperintah oleh ECU untuk membuka atau menutup katup electronic sehingga bensin bisa menyemprot ke silinder.

  1. Vehicle Speed Sensor (VSS)

VSS adalah sensor untuk mengetahui kecepatan kendaraan, biasanya dihubungkan dengan poros output transmisi. Pada Honda Accord Cielo bias dikatakan paling bermasalah karena beberapa sebab (kotor, kena air) dengan tanda yang khas yaitu jarum speedometer mati (odometer juga mati) & CEL nyala. Untuk yang transmisi manual mungkin tidak terlalu bermasalah pada kinerja mesin, tetapi untuk yang tarnsmisi matic, akan langsung berpengaruh pada system perpindahan gigi, karena salah satu input perpindahan giginya didapat dari kecepatan speedsensor.

Semoga Bermanfaat untuk Kita semua…

Salam Solped

image026

Post Author: admin

121 thoughts on “Mengenal Sensor Honda Accord Cielo

    Didit #347

    (February 29, 2016 - 7:56 am)

    S O L P E D

    cunk #500

    (February 29, 2016 - 9:42 am)

    Mau tanya om….knalpotku baunya ga enak bgt om…apakah ada yg salah sama Heated Oxygen Sensor

      Luluk

      (March 1, 2016 - 4:22 pm)

      Berasap atw tidak om, klo berasap putih kebiruan artinya ada oli yang ikut terbakar, macam2 sebabnya, dari pcv yg soak, seal klep kaku, ring piston lemah, cylinder baret semua itu penyebab asap putih kebiruan
      Klo tidak berasap, coba dibersihkan filter udara dan throttle bodynya, caranya silahkan baca2 di teknik dan tutorial, judulnya ENGINE SERVICE BY YOUR SELF

        asep mg

        (September 23, 2016 - 10:02 am)

        Slm otomotif.gan tong warna kabel yg ke sensor ECT warna apa ya,ni udah GA karuan .kn sensornya da tiga na warna apa tuk sensor tga itu ? Blz

      Priyan

      (August 24, 2017 - 12:39 pm)

      Mau nanya gmn cr mengtasi indikator brecklamp menyala..pdhl olinmsh penuh..efeknya gmn klau nyla trs

        Luluk

        (August 24, 2017 - 11:33 pm)

        Cek lampu belakang om, apakah ada yang mati atau sudah diganti dgn LED, cek juga switch hand rem

    imam aris corner

    (March 1, 2016 - 3:08 pm)

    Thanks inponya…Hehehe..

    cunk #500

    (March 3, 2016 - 9:24 am)

    Asao tetep putih biasa om…tp bau ga sedap…

    A wahyu

    (March 21, 2016 - 4:42 am)

    Mau tanya kawan….saat mesin nyala dan ac mati rpm menunjukkan angka 1000, tapi saat AC d nyalakan kenapa RPM malah turun k angka kurang dari 500?? di mana yg terjadi kesalahannya??

      masdar helmi

      (March 22, 2016 - 1:53 am)

      Yang tersering kasus semacam itu terjadi di IACV nya om (mungkin kotor, menyebabkan aliran udara gak lancar) atau bisa juga di sistem AC nya sendiri yg kurang perawatan (kondensor, dryer & evap kotor atau di kompresornya sendiri yg bermasalah)

      Saat ac on, otomatis beban kerja mesin bertambah, udara & bbm jd lebih banyak, kalo saluran udara kotor juga bisa menyebabkan rpm drop, kalo misal iacv sudah bersih stelan pas, tp masih drop, baru curiga di sistem ac yg perlu di flushing lg.

    aryo danang

    (March 24, 2016 - 2:40 am)

    Letak sensor oxygen sensor heater(hO2S)

      masdar helmi

      (March 31, 2016 - 6:06 am)

      Maaf om slow respon..

      HO2S untuk versi buildup letaknya di header knalpot..
      Yg versi indonesia gak ada..

    wawan blitar

    (March 31, 2016 - 2:23 am)

    bang mau nanya nih….. aku punya cielo 94, speedometer kadang jalan, kadang mati, pas kondisi speedo mati pada kecepatan tertentu tau-tau control engine pada sepeedo nyala sendiri, sy coba untuk mematikan kontak dan sy nyalakan lagi normal, tapi pada kecepetan tertentu nyala lagi, yang saya tanyakan posisi control speed pada honda cielo sebelah mana bang…? terimakasih

      masdar helmi

      (March 31, 2016 - 6:00 am)

      VSS /Speed Sensor kemungkinan bermasalah om. (Bisa karena soket kotor, kabel getas atau speed sensornya sendiri yg rusak atau error)
      Yg ditandai dengan CEL nyala
      engine check
      vss letaknya persih dibawah houshing thermostat, soket 3 kabel bisa dilihat dari atas delko/distributor +- 45˚ kebawah (bawah rumahan thermostat nempel di gearbox)

        Irawan

        (July 10, 2016 - 1:05 am)

        Om mau tanya. Kdang indikator brake lamp di dasbor mobil nyala terus itu apanya ya om.yrimakasih

      asep

      (November 2, 2016 - 7:45 pm)

      yang saya alami sama persis, cuma saya curiga dengan mesin dekat sensor speedometer kotor, banyak oli pekat maklum jarang di cuci bagian mesinnya. setah sy cuci bersih kotoran tsb, alhamdulillah speedometer berjalan sebagai fungsinya.

    haris

    (May 31, 2016 - 11:32 pm)

    Mau nanya om. Mbil sya honda accord cielo thn 95 . Jd gini, pas buka kunci kontak pasti kn lmpu CEL nyala tpi stlah 2 detik lmpu CEL ttap nyala mnyebabkan msin tidk mnyala, tpi kdang2 lmpu CEL pdam stlah 2 detik distart msin mnyala. Sya bingung apa rusak nya. Mohon tanggapan nya

      masdar helmi

      (June 1, 2016 - 2:58 pm)

      Ghopunk

      (January 31, 2017 - 7:48 pm)

      Bang mau nanya,
      Pinya q Cielo 94 manual,
      Posisi sedang jalan asik” kok bisa mobil mati mendadak,
      Dan bisa di starter lagi,
      Itu apanya bang,,,?
      Kajdian itu sering sekali,

        Luluk

        (February 1, 2017 - 6:48 am)

        Tergantung gejalanya sebelum mati mendadak itu om, klo mati mendadak karena rpm mbanting (ngedrop) ada kemungkinan filter udara dan throttle yang sudah sangat kotor. Klo mati mendadak seperti dimatikan kontaknya berarti jalur kelistrikan ke kontak yang bermasalah, bisa karena rumah kunci kontak yang sudah main2 atau ada kabel yang sudah renta. Mati mendadak juga bisa disebabkan karena overheat, ditandai dengan gejala nglitik yang parah, rpm menjadi sangat rendah dan akhirnya mesin mati

    setya

    (June 5, 2016 - 3:08 pm)

    Om saya mau nanya ? Mobil saya udah di bengkel selama 2 minggu ? Masalah nya cuma 1 , tidak ada ny pengapian ? Tolong dong kira2 apa penyebab mobil sya tidak ada pengapian? Jenis mobil cielo 95 ,tanks

    Senjaya

    (June 24, 2016 - 10:15 pm)

    Om saya punya cielo th 94, saya punya kendala… Kalau saya bawa kejalan menanjak (anggaplah jalan menuju ke pegunungan) Amper panasnya naik menjadi setengah, dan kadang lebih dari setengah… Kalau saya tambah injak pedal gas tiba tiba Amper panas nya turun menjadi setengah. Kemudian saya cek air di reservoir tank dan kondisi air tidak mendidih… Intinya panasnya normal….kemudian saya langsung balik arah menjadi ke jalan turunan karena saya takut Amper panasnya naik melebihi setengah kalo perjalanan ke pegunungan saya lanjutkan,, selama jalan turunan tiba tiba Amper panasnya turun menjadi normal di bawah setengah padahal selama Amper panas naik saya belum sempat mematikan mesin untuk mendinginkan mesin.. Kira kira apa penyebabnya? Mohon diberi informasi

      masdar helmi

      (June 24, 2016 - 10:40 pm)

      Ada kemungkinan motor fan sudah lemah om..

      Tapi untuk lebih pastinya bisa dicek satupersatu parts yg berhubungan dengan radiator..

      Bisa dibaca@ dulu link berikut :

      https://cieloownercommunity.com/teknik/mengatasi-overheat/

        Senjaya

        (June 25, 2016 - 5:00 pm)

        Om Helmi… Motorfan belum saya ganti.. Dan mobil saya juga gak isi termostat…Saya sudah ganti radiator baru… Switch otomatis kipas radiator sudah saya ganti.. Semua selang yang melar sudah saya ganti Om…tapi amper panas tetep naik setengah dan kadang turun sendiri.. Dan sempat saya cek air radiator tidak mendidih, suhu panas air juga normal…. Jika saya menghidupkan AC… Otomatis amper panasnya turun ke suhu normal…
        Apakah itu penyebab motor dan lemah.?

        Senjaya

        (June 25, 2016 - 5:13 pm)

        Om Helmi… Motorfan belum saya ganti.. Dan mobil saya juga gak isi termostat…Saya sudah ganti radiator baru… Switch otomatis kipas radiator sudah saya ganti.. Semua selang yang melar sudah saya ganti Om…tapi amper panas tetep naik setengah dan kadang turun sendiri.. Dan sempat saya cek air radiator tidak mendidih, suhu panas air juga normal…. Jika saya menghidupkan AC… Otomatis amper panasnya turun ke suhu normal…
        Apakah itu penyebab motor fan lemah.?

          masdar helmi

          (June 30, 2016 - 4:59 am)

          Ya om kemungkinan terbesar motor fan radiator perlu dicek lagi, sekalian baling2 kipasnya.. kalo hembusan angin dah lemah lebih baik diganti.

    imam abdullah

    (July 6, 2016 - 7:03 am)

    Om maaf boleh tanya ada bengkel buat cielo rekomendasi ga d bandung,ato ada owner cielo lain yg domisili bandung bwt sharing sekal8an tanya2 dan konsultasi.. mkasih om..

      masdar helmi

      (July 10, 2016 - 1:03 pm)

      Bandung banyak sekali member COC nta om, untuk info lebih jelas, bisa kontak korwilnya om dika..

    Fandi

    (July 8, 2016 - 12:39 am)

    Mau tanya mas, indikator rem nyala terus padahal sudah cek lampu dan tidak ada yg mati…. dan sekring lampu sering meleleh ketika perjalanan malam, kalau di kasih sekring yg di bawah 30 ampere putus…petunjuk, mohon pencerahan…makasih

      Irawan

      (July 10, 2016 - 1:10 am)

      Break lamp nyala ya mas…kok penyakitnya dama kaya pnya saya

        masdar helmi

        (July 10, 2016 - 1:02 pm)

        Breaklamp nyala ada beberapa kemungkinan penyebab:
        Sekering putus, soket kotor, bohlam mati, minyak rem kurang, atau mengganti watt bolam dengan yg lebih rendah dari setandarnya (ganti type led) dll..

          Irawan

          (July 11, 2016 - 11:39 pm)

          Bisa di cek besok mas.trimakasih ya mas infonya….#masdar

      masdar helmi

      (July 10, 2016 - 1:00 pm)

      Kemungkinan bermasalah di rumahan sekringnya, bisa jadi terlalu longgar, arus gak sempurna..

    Ryo

    (July 8, 2016 - 10:34 pm)

    mas mau tanya ini saya memakai accord cielo matic
    kalao pas dingin start di D4 tu rpm masih 1000 hbs itu jalan” kira 1 jam lbh kena macet dan posisi masih D4 tiba” rpm drop jadi 550 kadang pernah sampai mati..(posisi tdk meke AC) pas gw oper ke P dan N rpm naik jadi 1000an
    itu masalah dmn mas apakah TPS nya / map sensor nya / IAC nya/ matic nya ?
    mohon petunjuk makasih

    Burhan FM

    (July 13, 2016 - 5:03 pm)

    Malam untuk warga COC… knalpot cielo 94 matic kl di jakarta bisa dapat di mana

      HERY BONZO

      (July 17, 2016 - 4:04 pm)

      Custom bukan ori dipejaten ada om ane waktu itu bikin type standard kena 800rb om
      Kalo mau yg racing ane ada nih bekas punya ane pake aje asal Berkah kwkwkekkwk.

    Andi

    (July 23, 2016 - 10:51 pm)

    Malam pak mau tanya kalo ijak gas mesin brebet trus mati itu kenapa ya

      Luluk

      (July 25, 2016 - 1:25 pm)

      Harus diteliti om, brebetnya karena masalah pada supply bbm atau pengapian ataupun dua duanya. Supply bbm tergantung dari kolaborasi kinerja fuel pump, fuel filter, fuel presure regulator, Map sensor dan TPS. Part-part tersebut harus mendapat perhatian saat mengecek pasokan bbm yang tepat pada injector.
      Sedangkan pengapian tergantung dari kinerja CDI, Coil, Kabel busi dan busi itu sendiri

    toerip

    (September 20, 2016 - 10:22 pm)

    mau nanya bang saya ada mobil cielo 94,di stater bunyi tapi gak mau ngangat trus juga ada suara bluug rankaian kabel busi udah bnr itu kira2 knpa ya bang

      Luluk

      (September 28, 2016 - 3:50 am)

      Cek api busi dan supply bbm om, klo api bagus kmungkinan dari supply bbm yg bermasalah, begitu pula sebaliknya

    Deris

    (September 26, 2016 - 6:48 pm)

    Maaf om..saya mau tanya,wiper mobil saya posisinya ga kesemula kalo dimatikan.katanya relaynya..nah posisi relaynya disebelah mana ya ?

      Luluk

      (September 28, 2016 - 3:51 am)

      Dibawah bok sekring yang di ruang mesin om

    kecuk

    (September 28, 2016 - 11:33 pm)

    maaf om numpang nanya.. kalo pengatur kecerahann lampu speedometer rusak ada yg jual tdak om? namanya apa itu om, makasih om

      masdar helmi

      (September 29, 2016 - 6:13 am)

      Namanya dash light brightness controller, yang jual ada tp saya gak paham harganya berapa..

    andre

    (October 19, 2016 - 2:03 pm)

    Misi Om , cielo saya kalo lagi hidup , sering ngadat mesin
    ya , kadang2 seakan mau mati Om , apa yg salah sama mobil saya om

      masdar helmi

      (October 21, 2016 - 7:46 pm)

      Gak ada yg salah om.. xixixixi…

      Coba ditune up dulu, bersihkan saluran udara, stel idle up, cek pengapian, suplai bbm dll..

      Untuk kasus paling sering terjadi karena saluran udara kotor..

    Ahmad

    (October 21, 2016 - 3:55 pm)

    Mau tanya om.sy punya cielo 95 .agak bikin sakit kepala nih om.suara mesin agak kasar kyk ad suara besi beradu d dlm mesin trus transmisinya lambat connect pada saat perpindahan gigi

      masdar helmi

      (October 21, 2016 - 7:48 pm)

      Suaranya kalau digas semakin kenceng gak om??

      Khawatir metal duduk & metal jalan yg dah minta jajan..

    sitepu

    (October 23, 2016 - 1:58 pm)

    om… lampu atret gk mau hidup klo lgi atret… yg salah apa switch atretnya? posisi switchnya dimana ya om? tks

      masdar helmi

      (October 23, 2016 - 4:40 pm)

      Switch lampu mundur kalo yg cielo manual, nempel di transmisi, bawah delko..

    EL Saragih

    (October 25, 2016 - 7:35 pm)

    Pak Helmi, bisa minta tutorial untuk membuka speedometer? Saya mau ganti lampu speedometer dengan led putih biar lebih terang. Cielo 94 AT. Terima kasih.

      masdar helmi

      (October 26, 2016 - 5:46 am)

      Mesti hati2 ya om kalo lepas frame dashboard..

    EL Saragih

    (October 26, 2016 - 1:51 pm)

    Makasih Pak Helmi. Berarti ada 6 buah screw yg harus di buka betul pak? 2 screw di speedometer yg di atas kelihatan dan mudah membukanya tapi 4 screw yang sisa tidak kelihatan. 2 screw yang di kanan harus buka tombol heater dan tutupan plastik kotak ya pak? Susah ngga membukanya? Apakah mudah patah kalau salah buka? Bagaimana dengan 2 screw yang dikiri ? Aksesnya dari mana? Ngga kelihatan pak. Mohon bantuannya. Terima kasih banyak.

      masdar helmi

      (October 26, 2016 - 4:50 pm)

      Yg 2 dicongkel (kotak brighnes lampu dashboard & kotak heater..

      Yg 2 di panel ac, juga dicongkel dulu framenya trus buka dari atas..

      Yg segitiga putih itu kaya klem,
      Tapi awas hati2 saat nyongkel frame terutama di kisi2 acnya, kalo patah bisa puyeng kepala ????

    EL Saragih

    (October 26, 2016 - 7:29 pm)

    Makasih Pak Helmi. Besok pagi saya praktekkan. Mudah-mudahan ngga ada yang patah. Mau tanya dimana saya bisa beli atau pasang indiglo speedometer di Jakarta dan berapa harganya pak? Mohon maaf banyak pertanyaan. Terima kasih.

    masdar helmi

    (October 26, 2016 - 11:34 pm)

    Di PMK atau toko variasi biasanya juga banyak yang jual om, minta sekalian pasangain ajah..

    Contoh penampakan punya saya
    Indiglow type ssr hasemi sport + ring speedo stainles (tp dulu dapet dah mateng kayak gini)

    Tampilan siang

      andik

      (December 10, 2016 - 5:51 pm)

      Cari kayak gtu d mna om ?

    asep

    (November 2, 2016 - 7:46 pm)

    mas mas, ada yang punya bak lampu kabin cielo 94?

    ujang

    (November 8, 2016 - 4:58 pm)

    Om Mau tanya..saya punya honda accord 1994..Kalo kita mundur dia bunyi dek…kadang keras kadang pelan…apa nya ya..om masalahnya..gear boknya atau as tarek nya om masalah terimah kasih..

      Luluk

      (November 8, 2016 - 11:59 pm)

      Coba cek engine mounting bagian depan dan belakang om, takutnya sudah lower/ sobek/ pecah
      Jikalau engine mounting waras ada kemungkinan cv joint (kokel) bermasalah pada rollernya

        ujang

        (November 9, 2016 - 4:45 pm)

        OK OM Makasih infonya..nanti coba saya cek ke bengkel

    andri

    (November 18, 2016 - 11:43 am)

    om mobil ane cielo 94, distater ada cuman gamau nyantok gtu om, terkadang pas nyala mati sendiri, kira2 masalahnya dimana ya om, lagi dipanasin juga suka tiba2 mati sendiri

      Luluk

      (April 8, 2017 - 6:33 am)

      Coba di tune up dulu om, bersihkan filter udar, throttle dan fuel filter

    iyan

    (December 1, 2016 - 10:52 pm)

    Maaf gan saya mau nanya mobil ane accord 99, mslhnya klau hidup ac rpm trs drop kira2 apa mslhnya gan y, informasi yg kita pernah bw kebengkel katanya sensor ac nya, pa bener gan trs kira2 berapa duit gan y

    web

    (December 5, 2016 - 1:40 pm)

    boss sy mau tanyA sy punya ciello thun 94
    baru jalan 1 kilo amper panasnya sudah mai setengah kira2 apanta yg mau di perbaiki boss

    asep dhani

    (December 5, 2016 - 5:52 pm)

    Mas mohon pencerahan. Speedometr cieloku g jalan. Langkah yang harua dicek apanya dulu? Apa speedometer ada sikring nya?

      Luluk

      (December 6, 2016 - 12:05 pm)

      Klo dibarengi dgn chek engine yang nyala (lampu gambar mesin) saat mobil berjslan, Cek konector/ soket speed sensornya dulu om, klo dah dibetulin soketnya masih tetap diam srribu bahasa siap2 jajan speed sensor

    Faisal

    (December 10, 2016 - 12:26 am)

    Om mau nanya nih , cielo 94 punya saya oli mesin kurang mulu , tp diknalpot gak ada asap , emg ada rembesan oli dari delco tp sedikit sekali jauh dr kurangnya oli di mesin yg saya cek , pgn tau alesannya om bisa kuramg banyak gitu kenapa ? Harus aampai nambah 1 ltr lebih bensin dlm jangka 3 hari

    Faisal

    (December 10, 2016 - 12:28 am)

    Om mau nanya nih , cielo 94 punya saya oli mesin kurang mulu , tp diknalpot gak ada asap , emg ada rembesan oli dari delco tp sedikit sekali jauh dr kurangnya oli di mesin yg saya cek , pgn tau alesannya om bisa kuramg banyak gitu kenapa ? Harus aampai nambah 1 ltr lebih dlm jangka 3 hari.
    Sama sikring condensor fan ac saya sering putus om , mohon petunjuk
    Makasih om sblmnya

      Luluk

      (December 10, 2016 - 11:21 am)

      Klo 3 hari sudah nambah 1 liter (knalpot tidak ngebul) bisa dipastikan ada yang bocor, coba ngolong om danperhatikan daerah-daerah yang rembes oli

    Lucky

    (December 10, 2016 - 5:13 pm)

    Om. Saya punya accord 1997 exi.
    RPM drop ketika ac hidup. Ex: dalam posisi ac off rpm 1000. Ketika ac on rpm 800 bahkan bisa 500.
    Saat dibawa jalan dan ac on rpm tetap di 800. Tapi kalau di rem mendadak/kita balik arah( u turn ) rpm bisa jatuh ke 400, terkadang mesin jadi mati. Mohon pencerahannya. Trims

    febriyanto

    (December 18, 2016 - 9:45 am)

    Saya pemilik accord maestro, sedang ada problem di saag pagi hari knapa ya kok rpm ga choke ke 1500 rpm malah berada di 100 drop bgt pas panas smuanya normal itu yg bermasalah sensor apa ya , mohon pencerahannya

      Luluk

      (December 18, 2016 - 10:53 pm)

      Kemungkinan fast idle thermo valve nya dibuntu tuh om, di throttle ada part yang ada jalur air radiatornya, masalah bukan di jalur radiatrnya tapi valve/klep untuk pengaturan supply angin dibuntu
      Nb : untuk maestro 93 (injeksi)

    Ellyariska

    (December 20, 2016 - 7:54 pm)

    Om sya mau tanya. Accord 03 matic speeddometernya g jalan & klo dmasukkan D3 tarikan rpm tinggi g bisa nambah gigik. Klo udah jeduk CEL nyala om trus D4 kedip. Itu knapa ya om?

      Luluk

      (December 23, 2016 - 4:24 pm)

      Kemungkinan di speed sensor yang bermasalah, ditandai dengan matinya speedometer. klo cielo lokasinya dibawah throttle, klo accord 2003 mungkin masih sama

    Adythia

    (December 22, 2016 - 11:21 am)

    Salam om
    kalau selang vakum mesin posisi dimana yah om?
    soalnya mau pasang HKS konpresor
    dan Oil catch Tank
    boleh saran dan masukannya buat alat itu di aplikasiin ke cielo

    Bravo COC

      Luluk

      (December 23, 2016 - 4:11 pm)

      Ambil yang dari selang pcv om, jangan yang dari booster rem, berbahaya
      Atau kalo mau ambil yang free bisa di tempat selang kecil di bagian sebelah kiri intake manyfold (sejajar dgn fuel filtet /diatasnya)

    Hary

    (December 27, 2016 - 9:57 pm)

    Permisi om numpang tanya knp y cielo 94 saya PW+sein+spedo+rpm+klakson tidak bekerja..trkadang normal kmbali trkadang error smua…smua brawal dri tiba2 mobil kehilangan daya strumnya accu bnr2 kosong hingga bodynya panas jika d’pegang..dinamo starter mutar sndri jg..mohon masukannya om

      masdar helmi

      (December 28, 2016 - 7:46 pm)

      Dah dilihat sekeringnya om?
      Kemungkinan ada konsleting di seputar sistem kelistrikan.

    arief prayoga

    (January 3, 2017 - 8:02 am)

    om mau tanya cielo 94 saya kok wiper nya pas saklar posisi off tiba-tiba hidup sendiri? trus pas saklar wiper pindah mode intermitten kadang bisa kadang tidak?terakhir kenapa cielo saya pas jalan lurus selalu setir terasa narik ke kiri terus apa lagi kalau di lepas langsung belok padahal sudah di sporing balancing dan tekanan angin sama semua ban.dan ban sudah baru semua masih tetap narik ke kiri. kira2 apanya ya???trims om di tunggu pencerahanya

      Luluk

      (January 5, 2017 - 7:10 am)

      Kerusakan biasanya terjadi pada relay intermitten, biasanya karena macet atau sudah terlalu kotor sehingga kerja relay tidak normal, coba bersihkan dulu relaynya (lokasinya di bawah box sekring yang di dalam kap mesin). Klo sudah dibersihkan masih kumat wipernya, brarti minta jajan relay
      Masalah setir yang narik ke salah satu sisi padahal sudah di spooring, kemungkinan disebabkan oleh sudut kemiringan ban depan kiri lebih negatif dari yang kanan (perlu di ketahui sudut chamber cielo tidak bisa di seting). Hal ini biasanya disebabkan karena bushing dudukan Upper Arm yang sudah oblak. Seharunya saat melakukan spooring semua kondisi part pada kaki-kaki (ball joint, upper arm, tierod, rack end) tidak ada yang bermasalah

    Rudy Mujiyo S

    (January 9, 2017 - 8:31 am)

    Saya mau ganti speed sensor honda accord cielo. tp model yang sebelumnya ada kabelnya sebelum socket, terus mau saya ganti adanya yang VSS nya tanpa kabel. Apa mesti cocok ya Pak? TKS

      Luluk

      (January 10, 2017 - 4:51 pm)

      Kmungkinan ga bisa om

    Nicholas

    (January 12, 2017 - 6:40 am)

    Halo mas,
    Cielo 97 saya (manual) mendadak mati ga bs di starter. Kl di starter bunyi tek tek tek,, aki masih normal.
    Krn dipinggir jalan maka cb didorong masuk gear 2 dan ternyata bs nyala.
    Sampai rumah sy coba starter bunyi tek tek tek tek lg, tidak bisa nyala.
    Trus buka kap mesin, cb mukul2 dinamo starter sbnt pakai kunci ban, dan di coba mesin bisa nyala lagi.
    Ini dinamo starternya knp ya mas?
    Btw,ada kah CoC di Semarang? Dan ada bengkel recommended Cielo di Semarang?
    Thanks a lot 😀

    Nicholas

    (January 12, 2017 - 6:41 am)

    Halo mas,
    Cielo 97 saya (manual) mendadak mati ga bs di starter. Kl di starter bunyi tek tek tek,, aki masih normal.
    Krn dipinggir jalan maka cb didorong masuk gear 2 dan ternyata bs nyala.
    Sampai rumah sy coba starter bunyi tek tek tek tek lg, tidak bisa nyala.
    Trus buka kap mesin, cb mukul2 dinamo starter sbnt pakai kunci ban, dan di coba mesin bisa nyala lagi.
    Ini dinamo starternya knp ya mas?
    Btw,ada kah CoC di Semarang? Dan ada bengkel recommended Cielo di Semarang?
    Thanks a lot 😀 😀

      masdar helmi

      (January 12, 2017 - 4:39 pm)

      Kasus sering terjadi tuh om, bisa karena emang carbon brush dalem dinamo starter dah mo abis, atau soket positip kotor..
      Solusi bawa ke tukang dinamo, suruh cek bongkar dinamo starternya..

    MADJU WANI

    (January 24, 2017 - 8:46 pm)

    Om saya mo tanya, saya punya cielo ’95 speed sepedometer tdk mau jalan padahal udah diganti sensonya dan jarum spedo dicek jga mau naik solusinya kira_2 apa ya om ?

      Luluk

      (January 25, 2017 - 3:50 pm)

      Kerusakan bisa terjadi pada elektrikal speedo meter itu sendiri, sebelumnya (sebelum diganti speed sensornya) apakah beberapa saat setelah mobil berjalan lampu chek engine (gambar mesin) nyala?, klo nyala berarti kesalahan ada pada sensornya atau jalur sensornya (jika sudah diganti tetep nyala lampu chek engine). Klo lampu chek engine tidak nyala kemungkinan elektrikal speedometer tsb yang bermasalah

    tomy coc

    (February 5, 2017 - 2:18 am)

    Permisi om saya mau nanya. Cielo matic 97. Habis overhead karna selang pecah terus di ganti. Buat perjalanan bekasi-solo temperatur temperatur berada di garis tengah kurang dikit dan spedometer mati terus indikator D4 berkedip terus. Terus spedo idup lagi indikator normal. Terus ini mati lagi D4 kedip2 terus. Apa penyebabnya. Karna spedo mati atau ada kerudakan lain. Terima kasih.

      Luluk

      (February 6, 2017 - 3:40 pm)

      Positif speed sensornya main2 tuh om, bisa karena jalur kabel/ soket speed sensor yang tidak conect sempurna atau karena speed sensor itu sendiri yang minta jajan

    Wayan artawan

    (February 13, 2017 - 10:12 am)

    Mau nanya dong om. Saya punya cielo th 94 cuman mesin udah tak ganti thun 96 97, baru baru ini pas di bawa jalan brebet kalau udah panans gtu, cuman kalau di gas kenceng brebet nya agak ilang om, itu knapa ya om???

      Luluk

      (February 13, 2017 - 1:00 pm)

      Ini baru kemungkinan lho om, indikasi mobil mbebet saat panas biasanya karena coil yang sudah setengah hidup, coba dilakukan engine scan manual, klo lampu CEL 1x nyala lama kmudian diikuti dengan 5x kedipan brarti positif dari pengapian yang bermasalah, untuk scan manual bisa diikuti langkah2 di https://cieloownercommunity.com/teknik/self-diagnostic-honda-accord-cielo/

    Yono

    (February 13, 2017 - 11:40 pm)

    Mau tya om untuk mobil sedan sielo tahun 1994 masalahx masuk gigi 3 dan 4 larix biasa n suka mati n mau tya apa ada referensi dmna beli alat nozzel n om trims

      Luluk

      (February 17, 2017 - 6:48 am)

      Kemungkinan kerusakan pada transmisinya om, untuk memastikannya harus turun transmisi atau over houl transmisi. Mesin suka mati penyebabnya banyak om, setingan idle yang tidak tepat, eacv kotor, filter udara kotor, thorttle body kotor, sensor2 bbm dan udara yang tidak bekerja sempurna dan masih banyak lagi tergantung dari gejala saat mau matinya bagaimana.
      Nozzel injektor??, biasanya di kota2 besar ada om, coba saja ke toko2 onderdil

    Cep Eka

    (February 27, 2017 - 8:42 am)

    Numpang tanya bang, kmaren sensor transmisi cielo matik 97 sy kadang nyala kadang mati, trus sempat sensor D4 kedap-kedip hijau, kmudian sy matikan mesin mobil. Beberapa menit kemudian mesin mbl sy nyalakan lagi, sensor D4 gk kedap-kedip, tapi sensor transmisi yang biasanya nyala merah, kadang nyala kadang mati, kenapa yah bang ?
    Mohon pencerahannya, trima kasih!

      masdar helmi

      (February 28, 2017 - 6:23 am)

      D4 kedip dibarengi Engine check nyala gak om?
      Kalo nyala sebaiknya discan dulu untuk memastikan sensor apa yg bermasalah.

      Terakhir ganti oli matik kapan?
      Bisa juga bermasalah pada sirkulasi oli matik di transmisi kurang lancar (minta ganti, syukur sekalian diflushing)

      Pastikan selenoid dalam kondisi normal dan bersih..

        Cep Eka

        (February 28, 2017 - 4:21 pm)

        Bang, Engine Check mati. Trakhir ganti oli matik 30/08/2016 dgn KM 187.625, sedangkan posisi KM skrg 186.895, bagaimana mnrt abang ?

    Randa

    (March 13, 2017 - 6:31 pm)

    Om,boleh minta kontaknya gak ?
    Trs kali ada komunitas COC dipalembang

      masdar helmi

      (March 14, 2017 - 7:11 am)

      Untuk info kontak bisa menghubungi sekjen COC
      email:

      info@cieloownercommunity.com

      cp: Defa Rusli 081310003786

      Group Facebook: Cielo Owner Community (COC)

      Kalo member COC di Palembang sudah ada a/n om Bayu #322

    yhon

    (March 25, 2017 - 1:24 pm)

    mau tya utk spare partx nozle sedan sielo th 1994 bisa diinfokan maz n brapa hargax?

    eko

    (May 23, 2017 - 6:29 pm)

    tanya om kenapa lampu sensor D4kok kedip kedip terus

      masdar helmi

      (May 31, 2017 - 1:25 am)

      Jika d4 kedip2 dibarenge jarum speedometer mati Biasanya pertanda speed sensor bermasalah..
      Kalo jarum speedo nyala, coba bersihkan selenoid maticnya om

        Decky

        (September 7, 2017 - 11:20 pm)

        Om….pa kabar…. mo nanya…. udah ganti idle up ac…udah ganti map sensor…udah ganti tps….. tiap ngerem…..pasti drop dan tewas mesinnya…mengapakah begitu?,,,,,, thanks a lot…

    Agox

    (June 18, 2017 - 11:26 pm)

    Salam om
    Mau tanyak om barangkali ada yg tau bengkel untuk cielo di balikpapan, mohon infonya?terimakasih

    oki

    (June 21, 2017 - 9:36 pm)

    Bang mau tanya saya punya accord cielo nh extra fan nya yala klo ac di idupun klo ac di matiin extra pan nya ga muter sampai temperatur tinggi knapan ya bang

    Boy

    (August 3, 2017 - 11:04 pm)

    Salam om…maaf mau nanya om…
    Speed sensor cielo matic dg yg manual sama atau beda om ?
    Mksh om

    Deni

    (August 15, 2017 - 9:02 pm)

    Mas, saya di bengkulu. Mau tanya, mobil saya civic genio 1994 manual. Kalo ac on lampu cell nyala kode error 14, dan mobil brebeb di rpm 1500- 2000, gas naik turun. Map sensor baru eavc baru smua sensor bagus. Dimna ksalahan nya. Trma kasi sebelum nya.

    Dwi Hartanto

    (October 14, 2017 - 12:44 pm)

    Honda Cielo 94 , kenapa idle up ac tdk mau up engine nya, kalau pagi hari engine msh mau up sampai kembali ke stasioner engine sdh panas, dan ac saya hidupkan engine tdk mau up alias down engine kira-2 trouble apanya ??

    Khoes herry musthofa

    (November 16, 2017 - 1:13 pm)

    Om mau nanya saya punya cielo matic 94. Tiba2 mobil gak bisa jalan maju padahal gigi udah di posisi D. Dan ku coba pake yg manual 123 juga tetep gak mau. Tapi kalo mundur bisa. Kira2 ada masalah apa dengan transmisi nya ya om. Makasih

      Luluk

      (December 9, 2017 - 10:36 am)

      cek selenoid transmisi nya om, klo selenoid nya baik bisa jadi saatnya Over Houl transmisi

    Tantra

    (November 25, 2017 - 3:45 pm)

    Om, punya referensi toko yang jual paking knalpot ga? Nyari nya susah nih barang. Posisi saya di sukabumi. Tks

    Yudha

    (November 28, 2017 - 10:36 pm)

    Salam kenal om…
    ini yg bikin ane makin cinta sama cielo, cz ada blognya sendiri… alhamdulillah bisa konsul kesana kemari.
    Cielo ane 94/AT.. ada beberapa masalah nee, maaf mungkin udh ada yg pernah posting dan udh di jawab tapi postingangan nya udah ratusan,, scrollnya bisa 3 hari 4 malem.. jadi ane tanya lagi ya gan… maaf buat suhu suhu di mari.
    Permasalahan di cielo ane yg bikin bingung :
    1. Lampu indikator D4 ane nyala kedap kedip.
    2. Lampu indikator check engine nyala saat mobil lagi jalan turunan trus pedal gas d lepas lama.
    3. Beberapa bulan yg lalu si cielo ane ceperin gantin peer costum.. setelah d ceperin ehh ada bunyi yg aneh di roda sebelah kiri.. kadang klo naik lambat bunyi, kadang d pake kenceng ikutan kenceng jg bunyinya.. tapi klo pas harinya hujan gtu ilang suara di kaki2.
    Mohon pencerahannya segera suhu.. mo ane benerin cielo ane cmn takut klo salah tebak.

      Luluk

      (December 9, 2017 - 10:45 am)

      klo CEL nyala akan lebih sempurna jika dilakukan engine scan om, ada kok tutorial nya di web
      bunyi kontinyu seiring dengab putaran roda, cek yang berhubungan dengan as roda, mungkin cuma boot penutup yang bermasalah??

    Onx onx

    (November 30, 2017 - 8:36 am)

    Mau nanya fungsi resitor injection apa ?
    Dan apa efek nya jika resistor digabung 2dan 4

    yans

    (January 9, 2018 - 5:19 am)

    misi om, mau nanya. kipas pendingin saya pas kontak on koq ikut nyala ya. apa emang seperti itu, ato ada yg salah om. anak baru pake cielo om, terimakasih……

    pikanto

    (January 11, 2018 - 5:53 pm)

    Mau tanya om, cielo sy matic tahun ’94, pada saat kontak on lampu indikator D4 kedip-kedip, distarter mesin ga nyala.
    Mohon petunjuk bagaimana cara mengatasinya?
    Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *