Mengenal Lebih Dalam AC Cielo

Tidak bisa dipungkiri lagi AC pada mobil merupakan ornamen yang sangat penting untuk kondisi cuaca di Indonesia saat ini (kecuali untuk cielo om Hari Dlongop cierebon). AC mobil mungkin sudah menjadi salah satu fitur paling penting bagi mobil. Keberadaan AC akan membantu menambah kenyamanan berkendara dalam segala cuaca. Oleh karena itu, maka perawatan AC secara berkala sangat penting untuk dilakukan agar AC mobil dapat selalu berada dalam kondisi yang optimal. Namun sayangnya, banyak pemilik Cielo yang menganggap remeh perawatan AC. Akibatnya, AC mobil mulai bermasalah sehingga kemudian menjadi rusak. Sebelum AC mobil rusak semakin parah, kenali beberapa gejala atau ciri-ciri AC mobil anda mulai rusak dan bermasalah.

Sebelum mengenali gejala2 masalah pada pada AC cielo, ada baiknya kita tahu bagaimana AC bekerja dan part2 yang bekerja mendinginkan ruangan tsb

Siklus AC Mobil

image001

  1. Kompresor AC berputar dan menghisap gas Freon pada tekanan yang rendah lalu memompa gas freon tadi menju kondensor AC dalam keadaan bertekanan dan memiliki temperature yang tinggi sehingga gas freon menjadi cairan freon yang bersuhu tinggi. Apabila tekanan/ pressure freon terlalu tinggi bisa bisa menyebabkan kerja kompresor menjadi berat sehingga ditugaskan pressure cut of untuk menghentikan kerja kompresor apabila tekanan pada selang high pressure lebih dari batas. Selanjutnya Freon cair tersebut diturunkan suhunya oleh kondensor (dibantu kipas) untuk diteruskan ke receifer dryer (filter AC).
  2. Freon cair kemudian melewati receiver dryer untuk di saring jika terdapat kotoran di dalam Freon.
  3. Setelah melalui receiver dryer, kemudian Freon menuju expansi valve untuk dikabutkan sehingga menjadi gas freon yang bersuhu sangat dingin dan didistribusikan ke evaporator. Evaporator inilah yang menjadi sumber udara dingin pada kabin kendaraan, Udara dingin yang terbentuk pada kisi2 evaporator ditiup oleh kipas blower AC untuk didistribusikan menjadi udara dingin pada kabin mobil. Tugas dari Thermostat AC adalah untuk mencegah terjadinya pembekuan pada valve expansi. Kabut freon yang bersuhu sangat dingin sehingga bisa menimbulkan kebekuan yang berujung pada tersumbatnya expansi, disinilah tugas thermostat AC untuk memutus kerja kompresor agar siklus AC berhenti.
  4. Selanjutnya gas freon dari evaporator dihisap oleh kompresor AC dan siklus tadi kembali berulang dari awal.

Masalah-masalah umum pada AC Cielo

  1. Bunyi Gemrincing pada kompresor

image003

Hal ini terjadi karena putaran pada As yang menggerakkan piston pada kompresor tidak lancar atau. Bisa dikarenakan oleh bearing pada as kompresor yang sudah aus atau As Kompresor itu sendiri yang sudah tidak bundar sempurna. Suara hanya terdengar saat kompresor bekerja / AC On

image006

Suara gemrincing bisa juga terjadi karena bearing puli pada kompresor yang sudah aus/ kocak/ rusak. Suara gemrincing sudah muncul saat AC of tetapi relatif kecil suaranya, begitu AC on suaranya bertambah keras karena bearing menahan beban kerja kompresor

2. Bunyi ngorok pada kompresor saat AC on

Bunyi ini terdengar seperti suara part yang kocak pada kompresor saat menghidupkan AC. Bengkel AC menyebutnya dengan kompresor sudah ngorok, hal ini terjadi karena piston dan atau cylinder pada kompresor telah baret. Compresor AC yang digunakan oleh cielo adalah compresor nippodenson, piston tidak menggunakan ring piston tetapi lapisan teflon yang sangat kuat. Tergoresnya piston atau cylinder terjadi karena pelumasan yang tidak bagus, bisa karena pengguanaan oli pada kompresor yang kurang bagus ataupun umur oli yang sudah sangat lama sehingga perlindungan terhadap piston dan cylinder pada kompresor menjadi berkurang. Itulah sebabnya sistem AC juga wajib di service secara berkala. Bila terjadi masalah ini tidak ada cara lain untuk menaganinya kecuali dengan mengganti copressor sa’ glondong

3. AC Mobil Kurang dingin

Biasanya bila AC Cielo kurang dingin, Cielo owner langsung memvonis bahwa terjadi kekurangan freon pada sistem AC cielo kita. Padahal sebab AC menjadi kurang dingin bermacam macam antara lain :

  • Evaporator kotor

image008

Selain membuat AC menjadi tidak dingin, kotornya evaporator juga mengganggu hembusan angin dari blower sehingga keluarnya angin pada kisi-kisi AC menjadi lemah. Debu yang menempel pada badan evaporator dan termostat AC akan membuat otomatis compressor menjadi tidak stabil untuk memutuskan arus ke compressor, alhasil membuat compressor akan jalan terus memompa Freon terus menerus dan membuat Evaporator mendapatkan supply Freon dingin secara menerus sehingga lama kelamaan menjadi Freeze / beku

  • Kondensor AC kotor

image010

Kondensor AC terletak di depan radiator Cielo, kondensor berfungsi untuk mendinginkan freon yang panas dan bertekanan tinggi, kotornya kisi2 pada kondensor menyebabkan aliran udara yang dihasilkan oleh kipas terganggu. Selain mengganggu kinerja AC, juga menggagu proses pendinginan mesin pada radiator.

  • Kipas AC/ radiator tidak bekerja maksimal

Kipas mesin pada cielo ada dua, ke duanya akan berputar saat AC on. Putaran kipas yang tidak maksimal selain menyebabkan proses pendinginan mesin yang tidak maksimal juga akan menyebabkan proses pendinginan freon pada kondensor juga terganggu. Hal ini berimbas pada freon yang dikabutkan oleh expansi menjadi kurang dingin.

  • Receiver drier / Filter Freon Kotor

image012

Berfungsi segabai penyaring freon bertekanan tinggi, Receiver drier yang sudah kotor membuat fungsinya sebagai filter terganggu sehingga freon yang dikabutkan oleh expansi juga tidak sempurna. Selain menyaring freon, Receiver drier juga berfungsi menyaring oli pada sistem AC. Kita wajib tahu bahwa oli yang dipakai untuk pelumasan pada kompresor bercampur dengan freon, sehingga penyaringan yang bagus juga akan membuat umur kompresor menjadi lebih awet. Receiver drier yang sudah sangat kotor bisa menyebabkan penyumbatan, hal ini bisa menyebabkan kerja kompresor menjadi berat, dan jika dibiarkan bisa merusak kompresor AC.

  • Tersumbatnya saluran buang air dari evaporator

Jika saluran buang ini tersumbat akan menyebabkan ovaporator penuh dengan air yang berasal dari hasil kondensasi dari evaporator. Biasanya air akan menetes pada kabin sebelah kiri depan penumpang. Hal ini selain sangat mengganggu kenyamanan juga menyebabkan aliran angin pada evaporator yang dihembuskan oleh blower menjadi terganggu sehingga AC menjadi kurang dingin

  • Freon kurang atau habis

Kurangnya freon biasanya terjadi karena adanya kebocoran pada sistem AC mobil atau memang pada saat pengisian freon yang kurang. Freon yang kurang menyebabkan proses pengabutan pada expansi menjadi tidak maksimal karena refrigerant/ freon cair bertekanan tinggi kurang pressurenya. Biasanya ditandai dengan gejala ac menjadi lebih dingin jika mesin pada rpm tinggi dimana refrigenrant ideal didapat. Bila freon habis tentunya AC sama sekali tidak dingin dan sistem ac juga tidak bekerja.

  • Kelebihan freon

Jangan salah, takaran freon yang terlalu banyak juga menyebabkan ac menjadi kurang dingin. Freon yang terlalu banyak menyebabkan terjadinya over pressure pada sistem AC, sehingga menyebabkan terjadinya overheating pada sistem AC. Disinilah tugas dari presure switch untuk memutus sistem AC, sehingga kompresor tidak bekerja. Kelebihan freon biasanya ditandai dengan pipa high presure pada sistem AC sangat panas (menyengat tidak bisa dipegang).

  • Kelebihan Oli pada kompresor

Sama halnya dengan kelebihan freon, selain menyebabkan terjadinya over presure pada sistem AC, kelebihan oli pada kompresor juga menyebabkan kualitas/ takaran freon yang dikabut oleh expansi menjadi tidak maksimal. Gejalanya sama dengan kelebihan freon

  • Magnetic Clutch tidak bekerja

image014

Saat AC on pada cielo ditandai dengan pressure plate yang menempel pada pulley sehingga kadang terdengar bunyi ctek pada kompresor dan pressure plate akan berputar menandakan kompresor telah bekerja. Dengan asumsi bahwa sistem lain baik-baik saja tetapi saat AC on magnetic clutch tidak bekerja berarti ada dua kemungkinan yaitu arus listrik tidak sampai ke coil pada kompresor (field Coil) atau coil itu sendiri yang tidak bekerja. Jika arus listrik tidak bekerja maka kita harus mengurut jalur kelistrikan pada AC tersebut. Tetapi jika coil yang tidak bekerja ya harus diganti.

  • Kompresor aus/ rusak

Ditandai dengan tekanan yang tidak normal (jika dibaca dengan alat pengukur tekanan pada ac biasanya jarum goyang atau pada pipa high pressure kurang) dan biasanya diikuti dengan timbulnya bunyi kasar (ngorok) pada saat AC on.

  • Kesalahan pemakaian type freon

Freon AC mobil sangat berbeda dengan freon pada AC rumah, pemakaian type freon yang salah selain menyebabkan ac menjadi tidak dingin juga dapat menyebabkan kerusakan yang serius pada sistem AC mobil kita.

  • Kebocoran pada sistem AC

Kebocoran biasanya terjadi pada seal2 pada kompresor, sambungan2 dan pada evaporator (karena faktor umur / korosi). Ditandai dengan freon yang selalu berkurang, AC dingin sesaat setelah diisi freon, smakin lama semakin tidak dingin.

Smoga berguna

Salam solped

Paklik & Mbah Dar

image016

Post Author: Luluk

42 thoughts on “Mengenal Lebih Dalam AC Cielo

    cepz

    (April 16, 2016 - 7:59 am)

    Komplit tenan…mantapzz om

    fajri

    (April 25, 2016 - 11:23 pm)

    Kalau evaparator tempatnya dmn za om..

      Luluk

      (April 26, 2016 - 9:18 am)

      Tempatnya ada di dashboard sebelah kiri om

    Efan

    (July 29, 2016 - 11:41 am)

    Om mau konsultasi dong, cielo saya 95, kenapa klo udah jalan lama 1-2jam AC yg awalnya dingin banget di posisi 1, tahu-tahu jadi gak dingin kayak semprotan udara nya melemah ya? terus muncul asap kayak asap es batu gitu dari grill AC dashboard. Mohon pencerahan kenapa ya penyebabnya dan solusinya. Makasih

      Luluk

      (October 12, 2016 - 6:50 am)

      Itu menandakan terjadi pembekuan pada evapurator om, hal ini disebabkan karana thermostat AC tidak mau cut of atau tidak bekerja, coba dilihat kabel cut of pada thermostat apakah sudah terpasang atau belum, bila sudah terpasang harus di urut jalur kabelnya, jika jalur kabelnya sudah benar berarti thermostat AC rusak dan minta jajan.

    Faisal

    (December 10, 2016 - 1:13 am)

    Om kalo sikring fan ac putus mulu kenapa ya om ?

      Luluk

      (December 10, 2016 - 11:18 am)

      Putus atau meleleh om, klo putus bisa karena kurang besar amphere skringnya atau ada jalur kabel yg terganggu.
      Klo meleleh karna rumah sekring longgar atau kotor

    Angga

    (January 9, 2017 - 10:47 am)

    Om minta solusinya… Mobil saya honda sielo, ac cm kluar angin saja,saya cek sekring mash bagus, tp saya cek dikompresor puli depan gak mau nempel( biasanya wktu ac on bunyi “cleeg” apanya om kira2. makasih om

      Luluk

      (January 10, 2017 - 4:49 pm)

      Coba di pentil pipa ac di tusuk (kaya ngempesin ban), klo masih nggejross brarti freon masih ada, jadi kesalahan ada pada jalur kelistrikan yang menuju magnet pada kompresor, klo di tusuk tidak ada gas yang keluar brarti freon habis. Klo freon habis brarti ada yang bocor pada sistem ac, otomatis kompresor tidak bekerja jika freon kosong

    afriza

    (January 17, 2017 - 6:58 pm)

    om mau tanyak.kipas AC saya kok gk jalan pas AC di hidupin dan AC gak dingin.sebabnya apa om.terimakasih

      Luluk

      (January 17, 2017 - 7:55 pm)

      Cek dulu freonnya om/nte, caranya tusuk pentil pengisian freon pada pipa ac. Klo freon masih pasti nyembur cairan berbusa, klo freon habis ya ga nyembur. Sebab klo freon habis otomatis kompresor tidak akan bekerja karena dan kipas pun sama
      Klo freon masih ada dua kemungkinan, pressure switch error atau jalur kabel yg error

    afriza

    (January 17, 2017 - 7:02 pm)

    Om nanyak AC saya gak dingin terus kipas AC gk jalan pas AC hidup.sebabnya apa om.terimakasih

      Luluk

      (January 17, 2017 - 7:56 pm)

      Cek dulu freonnya om/nte, caranya tusuk pentil pengisian freon pada pipa ac. Klo freon masih pasti nyembur cairan berbusa, klo freon habis ya ga nyembur. Sebab klo freon habis otomatis kompresor tidak akan bekerja karena dan kipas pun sama
      Klo freon masih ada dua kemungkinan, pressure switch error atau jalur kabel yg erro

    afriza

    (January 17, 2017 - 10:35 pm)

    Sip.terimakasih om infonya

    afriza

    (January 19, 2017 - 10:48 am)

    Om tanyak lagi.cielo 94 pakai XCS 5 bagus gak untuk performa mesinnya
    Terimakasih

      Luluk

      (January 19, 2017 - 11:05 am)

      XCS 5 Kklo ga salah stabilizer arus listrik yang dipasang di aki yah om. Secara teori memang begitu sih om, supaya arus yang masuk ke ECU, sensor dan perangkat elektronik yang berkaitan dengan kinerja mesin menjadi lebih stabil kerjanya. Saya juga pernah pake, tapi tdk tll signifikan dengan perubahan tenaga dan efisiensi mesin, cuma mungkin dengan stabilizer arus tsb part2 elektronik bisa menjadi lebih durable umurnya

    afriza

    (January 30, 2017 - 3:00 pm)

    OM maf nich tanyal lagi cielo saya lampunya kok redup 22nya om.
    Terus katanya massa sama kasih

      Luluk

      (January 31, 2017 - 6:44 am)

      Cek jalur kabelnya om, lampu redup indikasi adanya kekurangan arus pada bola lampu. Coba saat lampu nyala, arus negatif pada lampu dijumper langsung ke kutup negatif pada aki, jika tambah terang berarti arus negatif (massa) pada lampu kurang

    hendri bdg

    (February 5, 2017 - 1:37 pm)

    Bos saya mau tanya..klo fungsi kran pada pipa yg d depan m yg d pinggir kanan pasti fungsinya untuk memutuskan,mengecilkan/mmbesarkan arus aliran djlur pipa tsb..tp posisi d mobil saya dr prtama beli(bln kmaren) posisi kran yg pling depan itu tertutup,apa benar,tkutny ac sya tdk dingin karna kran trb dlm posisi trttup..mohon pncerahan nya,makasih om

      Luluk

      (February 6, 2017 - 3:46 pm)

      kran pada pipa AC??, seharusnya ga ada kran om, jalur AC tidak ada krannya, misalpun ada brarti sudah dimodifikasi. Coba saja dibuka krannya

    Nicholas

    (February 13, 2017 - 9:26 pm)

    Cielo saya AC nya mendadak nyembur angin aja (kerasa hangat) , pdhl kmrn nya normal.
    Dan skrg bunyi mendesis (ssssssttt) + ada berbau.
    Itu knp ya om?
    kipas AC masih nyala kenceng, tes pentil freon masi ngejross.
    Thanks

      Luluk

      (February 17, 2017 - 6:41 am)

      Berarti kompresor tidak bekerja, tombol AC di dashboard sudah di on om? Saat AC on ditandai dengan pressure plate yang menempel pada pulley sehingga kadang terdengar bunyi ctek pada kompresor dan pressure plate akan berputar menandakan kompresor telah bekerja. Dengan asumsi bahwa sistem lain baik-baik saja tetapi saat AC on magnetic clutch tidak bekerja berarti ada dua kemungkinan yaitu arus listrik tidak sampai ke coil pada kompresor (field Coil) atau coil itu sendiri yang tidak bekerja. Jika arus listrik tidak bekerja maka kita harus mengurut jalur kelistrikan pada AC tersebut. Tetapi jika coil yang tidak bekerja ya harus diganti dengan kata lain magnet kopling pada kompresor tidak bekerja.

    Lucky Permana

    (February 17, 2017 - 9:50 am)

    mohon saran & masukannya…klo cielo ’94 saya pake AC temp suhu mesin normal,namun jika AC off suhu mesin naik. itu kenapa ya om? thanks sebelumnya.

      Luluk

      (February 17, 2017 - 11:23 am)

      Otomatis kipasnya (thermoswitch) tidak berfungsi tuh om, bisa karena salah jalur kabel dari Thermoswitch yang tidak connect atau karena thermoswitch itu sendiri yang bermasalah. Sementara (semenahun) bisa diakalain dengan dijumper langsung ke kontak, tapi harus pake relay. Jadi kontak on kipas langsung nyala 22 nya

    owie

    (February 17, 2017 - 2:20 pm)

    Assaaamu’alaikum. Om Luluk, fanbelt cielo ukurannya yg berapa PK ya om?

    Jovhan

    (March 10, 2017 - 6:52 pm)

    Om numpang help dooonkk… Cielo sya 94 kok ketika ac nyala kipas nya cuma muter satu doang ya, itu yg posisi sebelah kiri mobil, barangkali si om punya jalur kabel yg benar untuk kipas ac ini, saya udh pake relay untuk ke dua kipas nya… Saya coba jumper malah skrg sekring untuk condensor fan nya putus trus.. Thanka om buat jawaban nya..
    Satu lgi om, klo posisi tuas heater valve itu seharusnya sejajar dengan lubang pipa ( lurus) atau ke di tengah ( bengkok)
    Trims

      Luluk

      (March 14, 2017 - 12:14 am)

      Pake relay 2 lima kaki om, lepas dulu semua kabel positif yang menuju kipas
      Relay 1
      87 ke (+) kipas kiri
      87 ke (+) kipas kanan
      30 ke (+) aki
      85 ke ground (-)
      86 sebagai kabel pemicunya diambilkan dari kabel (+) yang menuju kipas kiri (yang dipotong tadi)
      Rankai relay satunya dengan pemicu dari kabel yang menuju kipas kanan

    Mohawk

    (March 16, 2017 - 2:22 am)

    Malam om.
    Ac cielo 94 saya keluar angin doang trus rada panas dan ga dingin.
    Itu kanapa ya om.
    Maksih ats jwbnya om.
    Oh ya om satu lagi pertanyaan saya.
    Dan air radiator saya sering habis akibatnya temperatur saya sering naik.

      masdar helmi

      (March 18, 2017 - 7:25 am)

      Itu puteran (cool & heater) posisinya ke arah mana om?
      Barangkali potensio ac nya ke arah panas ya otomatis yg keluar hawa panasnya (heater)..

      Kalo untuk radiator mesti di cek semuanya, mulai dari selang2, connecting pipa, waterpump dll..
      Kemungkinan ada kebocoran, yg terparah kebocoran kompresi, air radiator nylonong masuk ke mesin..

    Kevin #042

    (March 17, 2017 - 8:40 pm)

    Maaf om mau tanya, Cielo saya tahun 97 AT…
    Baru 3 hari lalu isi freon, karena kata montir freon habis,dan memang habis, awalnya AC sangat dingin setelah freon d isi, setelah 3 hari AC hanya berhembus angin… setiap AC on bunyi ctek (normal)… Pada letak kompresor banyak oli yg menempel, saya cek hanya sekitaran kompresor, bukan dari mesin…
    Kira2 apa yg harus di perbaiki.? apakah bisa di perbaiki sendiri.?

    masdar helmi

    (March 18, 2017 - 7:27 am)

    Hampir bisa dipastikan ada kebocoran freon itu om, coba bawa lagi ke tukang ac, trus suruh cek tekanan freon & oli kompresornya..
    Kalo gak rusak parah ya bisa diperbaiki..

    Fauzan

    (March 19, 2017 - 3:50 pm)

    Om master.. mau tanya , cielo 94 saya pressure switch nya bocor, jd freonya habis terus.. kalau mau beli switch yg baru , tipenya apa ya? Terus.. kira2 harganya brpaan om.. makaish sblmny…

      Luluk

      (March 19, 2017 - 6:21 pm)

      Pastikan bocornya dari pressure switch atau rumah nya om, klo harganya ane ga tau om, akan lebih tepat klo beli bawa contohnya

    afriza

    (March 30, 2017 - 9:00 pm)

    Om tanyak ini temenku ECUnya eror habis kebanjiran terus katanya bengkel ECUnya rusak akhirnya dia Beli kenak tipu ternyata ECUy ciciv genio.kira2 kalau di pasang gti bisa gk om
    Dan ada pengaruhnya gak

    afriza

    (March 30, 2017 - 9:02 pm)

    Om tanyak ini temenku ECUnya eror habis kebanjiran terus katanya bengkel ECUnya rusak akhirnya dia Beli kenak tipu ternyata ECUy ciciv genio.kira2 kalau di pasang gti bisa gk om
    Dan ada pengaruhnya gak

      masdar helmi

      (April 1, 2017 - 7:28 am)

      Sepertinya gak bisa om, jangankan beda jenis mobil, untuk cielo yg v-tec & non v-tec saja ecu beda.

    John Lenon Purba

    (October 14, 2017 - 11:10 pm)

    Malam om.
    Ac cielo 94 saya keluar angin doang trus rada panas dan gak dingin, lalu dari dinamo bagian mesin ada suara seret atau mirip suara gesekan: AC on atau off suara tetap terdengar kencang.
    Itu kanapa ya om.
    Maksih atas jawabnya om.
    Oh ya om satu lagi pertanyaan saya.

      Luluk

      (October 17, 2017 - 7:59 am)

      AC tidak dingin artinya sistem tidak bekerja, coba dengan cara sederhana dulu, lebih baik 2 orang, 1 orang menyalakan AC yang lain mendengarkan dari ruang mesin, saat AC dinyalakan ada bunyi ctek di kompresor? Klo tidak ada bunyi tersebut berarti kompresor tidak bekerja. Sebabnya bermacam-macam, bisa karena freon habis (dipastikan ada kebocoran) (coba di pentil jalur ac di tusuk, klo keluar buih dan nnyemprot brarti freon ada), magnet clutch (kopling) pada kompresor tidak bekerja, switch AC tidak connect dan sebab kelistrikan lainnya
      Jika saat AC on bunyi ctek muncul, apakah kompresor ikut berputar, jika tidak ikut berputar ada kemungkinan puli AC karetnya loss (yang original), bisa pula kopling pada magnet tidak menekan sempurna puli kompresor

    lutfie

    (November 10, 2017 - 11:45 am)

    siang om mau tanya sy pny cielo’94 manual kl posisi AC on rpm malah drop smpe mesin mati jd hrs tahan pedal gas di 900-1000rpm,.tp kl AC off semua normal di rpm 700-800 pun mesin ny mau langsam,.kira2 apa penyebab ny ya om?thx

      Luluk

      (December 9, 2017 - 11:40 am)

      coba bersihkan filter udara, throttle dan IACV sensornya om

    Abednego

    (December 24, 2017 - 12:35 am)

    Malem om,…mau tanya nih…punya wiring diagram untuk AC ndak om..soale mobil saya cielo 94 manual…kabel ac nya udah di jumper2 tdk karuan… Ada kabel tambahan yg langsung ke blower dan kompresor AC…dan modul ac ditengah dasboard jd tidak berfungsi..jadi AC dilangsung ke knop swicth AC dan level kipas blower…pengen kembaliin standart lagi om….maklum newbie dan mobil barusan dapet…terimakasih sebelumnya

    masdar helmi

    (January 5, 2018 - 12:24 am)

    saran sih mending di cek ke bengkel khusus ac yg recomended di kota anda om..
    tapi kalo mau otak atik sendiri, berikut wiring diagram ac cielo 😊

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *