Para Owner Cielo kerap tidak menyadari bahwa ongkos yang mereka bayar saat membawa kendaraannya sejatinya jauh lebih besar dari yang seharusnya. Hal itu terjadi karena beberapa komponen yang sebenarnya tidak bermasalah diganti oleh mekanik bengkel. Walhasil, ongkos pun membengkak. Itu bisa terjadi karena diagnosis yang salah dari owner atau mekanik saat memeriksa kondisi cielo. Bahkan, tidak jarang ada oknum mekanik/bengkel nakal, sehingga mengada-ada. Harusnya komponen tertentu tidak bermasalah mereka bilang harus ganti. Kesalahan diagnosis tersebut bisa terjadi karena kekurang pahaman cielo owner terhadap kondisi mesin maupun mekanik tidak cermat, tidak memahami karena pengetahuan dan pengalaman yang minim, hingga unsur kesengajaan untuk meraup keuntungan. Ulah oknum bengkel nakal seperti itu semakin menjadi-jadi manakala pemilik mobil tidak paham sama sekali ihwal berbagai kemungkinan permasalahan.  Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mengenali gejala kerusakan yang umum terjadi, ciri-cirinya, hingga apa yang seharusnya dilakukan untuk mengatasinya.

Cielo yang masuk di Indonesia diproduksi dari tahun 1994 s/d tahun 1998, sudah sangat dewasa untuk ukuran mobil, bahkan di negara-negara yang lebih maju dilakukan pembatasan umur mobil. Mau tidak mau dengan usia mesin yang sudah berumur, mesin memang sudah semestinya mendapat perhatian khusus, terlebih bila kita tidak tahu sejarah pemakaian cielo pada owner-owner sebelumnya.

Oke kita langsung masuk ke permasalah Over Heat

image003Panas yang berlebihan / oveheat ditandai dengan indikator suhu yang lebih dari setengah, bila owner sekalian mengalami hal ini pada saat berkendara sebaiknya segera menepi dan mematikan mesin. Buka kap mesin agar proses pendinginan oleh udara terhadap mesin lebih leluasa, jangan langsung buka radiator, tunggu beberapa saat sampai mesin menjadi lebih dingin. Sambil nunggu mesin lebih dingin periksalah tabung reservoir, tambahkan coollant/air jika dirasa kurang. Buka tutup radiator menggunakan kain lap secara perlahan, jangan langsung di angkat, biarkan tekanan (air maupun angin) yang ada di saluran pendingin keluar semua. Stater mobil dan tambahkan coollant/air jika volumenya kurang, tutup radiator dan kap mesin. Berkendaralah kembali ke rumah/ tujuan dengan rpm serendah mungkin. Sebelum kita mengeksekusi masalah tersebut.

berikut sistem sirkulasi pendinginan

 cooling-system-flow_0001_1

sekarang mari kita analisa macam-macam penyebab dari Overheat tersebut.

  • Radiator Buntu/ Tersumbat

image005Dengan asumsi bahwa selain radiator semua sistem pendingin berjalan dengan baik, maka ciri-ciri radiator buntu/ tersumbat adalah coollant/ air yang tidak mau lancar berputar, bila di rpm dinaikkan air mbludak berlebihan dari mulut radiator (tutup dibuka). Untuk mobil yang masih terpasang thermostatnya, tunggu sampai mobil panas dan thermostat bekerja (tandanya air mulai bersirkulasi). Tersumbatnya kisi kisi radiator oleh kerak terjadi karena pemakaian cairan pendingin yang sembarangan dan kurangnya perhatian owner terhadap radiator. Idealnya cairan radiator menggunakan coollant, di dalam coollant terdapat zat aditif yang berguna untuk mencegah terjadinya korosi pada saluran pendingin yang berbahan metal. Untuk yang menggunakan air sebagai cairan pendingin, sebaiknya sering dilakukan pengurasan agar kerak2 karena korosi yang ada di air terbuang. Dan bila ingin mengganti air dengan coollant, dipastikan dahulu kebersihan saluran pendingin dari kerak2 yang menempel. Sebab penggunaan coollat akan melunturkan kerak tersebut dan bisa menyumbat kisi kisi radiator.

Untuk menangani masalah tersebut adalah dengan membersihkan kisi kisi cairan pendingin pada radiator (rojok /korok radiator). Serahkan pada ahlinya (tukang radiator). Tidak jarang dari kisi kisi tersebut terdapat kerak yang sudah membatu dan tidak bisa lagi di korok. Jika jumlah kisi kisi yang membatu tersebut sudah banyak dan lebih dari sepertiga jumlah kisi kisi yang ada, akan lebih bagus bila radiator diganti dengan yang baru.

  • Mall Fungsi Pada Kipas Pendingin

image007Kipas pendingin mempunyai peran yang sangat vital pada sistem kerja pendingin mesin, Radiator didinginkan oleh aliran udara luar yang mengalir melewati sirip-siripnya. Pada saat kendaraan berhenti aliran udara tidak akan cukup untuk mendinginkan radiator. Untuk mengatasi hal ini maka dibelakang radiator dipasang kipas pendingin untuk membantu agar aliran udara selalu cukup untuk mendinginkan radiator. Ada 2 jenis kipas yang sering digunakan pada kendaraan yaitu kipas yang digerakan oleh motor listrik dan kipas manual yang digerakan oleh poros engkol mesin itu sendiri melalui talli kipas/V-belt. Untuk Cielo sendiri motor kipas yang digunakan adalah motor listrik yang bekerja secara otomatis saat tempratusr cairan pendingin mencapai suhu di sedikit di bawah titik didih air (+-95 Drajat Celcius).

Kegagalan fungsi kipas bisa berakibat fatal bagi mesin, mall fungsi kipas tersebut bisa berupa :

  • Putaran Kipas mati
  • Putaran Motor Kipas lemah
  • Putaran motor kipas terbalik

Untuk putaran kipas yang mati ada dua kemungkinan, motor kipas yang memang sudah mati atau jalur kelistrikan bermasalah (relay, sekring, kabel).solusinya untuk motor kipas yang sudah mati hanya di ganti dengan yang baru, sedangkan untuk putaran kipas yang lemah bisa karena dua hal yaitu motor kipas itu sendiri yang lemah atau jalur kelistrikan dari motor kipas yang bermasalah. Untuk jalur kelistrikan yang bermasalah bisa kita akali dengan penambahan relay pada masing2 kipas atau kita telusuri kelistrikan kipas tersebut dan kita betulkan. Pemasangan kabel positif pada motor kipas yang terbalik menyebabkan putaran kipas terbalik, putaran kipas yang betul hembusan angin tertuju ke arah mesin.

  • Saluran pendingin bocor

image009Volume cairan pendingin pada sistem pendingin mesin sudah ditakar sedemikian rupa sehingga tidak kurang dan tidak berlebihan untuk mencapai suhu ideal pada mesin sehingga membuat mesin bekerja sempurna. Berkurangnya volume cairan pendingin pada radiator salah satu sebabnya adalah kebocoran pada jalur-jalur selang pada sistem pendingin. Cairan pendingin yang kurang dari takaran seharusnya menyebabkan mesin menjadi lebih cepat panas dan bisa berakibat overheat. Kebocoran saluran pendingin biasanya ditandai dengan air yang selalu berkurang terus menerus (sistem lainnya ga ada masalah), cara ngeceknya ganti cairan radiator pake coollant yang berwarna, klo bocor akan kelihatan kerak2 berwarna hijau/merah (bila bocornya alus), klo bocornya besar lihat saja tetetesannya. Kebocoran tersebut bisa dikarenakan karena klem pada selang yang tidak kuat atau karena rumah selang tersebut telah terkena korosi sehingga cairan merembes melalui korosi tersebut. Selang yang sudah rapuh juga rentan menyebabkan terjadinya kebocoran. Khusus pada mesin cielo yang perlu menjadi perhatian adalah rumah termostat dan conecting pipe karena terbuat dari bahan metal yang bisa korosi.

  • Water Pump rusak

image011Perputaran cairan pendingin radiator ditugaskan kepada water pump, yang mana bekerja seirama dengan rpm mesin. Water pump yang rusak selain bisa menimbulkan kebocoran juga mengakibatkan perputaran cairan pendingin yang tidak maksimal. Kerusakan water pump selain karena umur pakai part tersebut kebanyakan disebabkan oleh faktor korosi pada baling-baling water pump karena pemakaian cairan pendingin radiator yang tidak bagus. Cirinya coollant tidak mau berputar dengan kencang meski rpm udah naik tinggi (mesin udah panas bagi termotsat yang masih terpasang).
Water pump rusak tidak dapat diperbaiki, harus diganti.

  • Thermostat Tidak Bekerja

image013Untuk memperoleh kinerja mesin yang maksimal dibutuhkan suhu tertentu, untuk menahan mesin agar suhu tetap pada kisaran tersebut maka dibutuhkan termostat. Fungsi thermostat adalah mempertahankan suhu kerja mesin dengan membuka dan menutup cairan pendingin yang bersirkulasi sesuai temperatur yang tertera pada bodi termostat. Thermostat menutup manakala suhu cairan pendingin masih dingin sehingga mesin cepat mencapai suhu optimal dan akan membuka saat suhu cairan pendingin sudah sama atau lebih tinggi dari pada temperatur yang tertera pada bodi thermostat. Kerusakan thermostat terjadi karena pemakain cairan pendingin yang tidak bagus yang menyebabkan terjadinya korosi pada part tersebut. Thermostat yang rusak ditandai dengan air yang tidak mau berputar sama sekali meski mesin udah puaaanas, solusinya ganti baru. Ada sebagian mekanik yang menyarankan untuk melepas thermostat agar resiko OH dapat diminimalisir. Hal ini tidak sepenuhnya benar sebab jika thermostat dicopot air akan selalu berputar meski mesin masih dingin, sehingga butuh waktu yang lama untuk mencapai suhu ideal dan temperatur mesin tidak stabil yang menyebabkan konsumsi bbm sedikit lebih boros karena mesin bekerja pada suhu yang kurang optimal.

  • Tutup Radiator Tidak Bekerja

image015Seperti namanya fungsinya adalah untuk menutup lubang inlet di atas radiator, tapi
pada kenyataannya benda ini memiliki fungsi yang sangat penting dan bukan hanya tutup semata seperti tutup botol. tutup radiator memiliki 2 buah katup yaitu katup hisap dan katup buang. Katup buang berfungsi membuang tekanan yang disebabkan pemuaian cairan pendingin karena kenaikan suhu dalam radiator. Bila tekanan air melebihi ketentuan seperti yang tertera dalam angka pada tutup radiator , maka pressure valve akan membuka dan air dari radiator akan mengalir ke tangki reservoir . Bila tekanan  air di radiator turun dibawah ketentuan sesuai dengan ketentuan yang tertera dalam angka pada tutup radiator. Maka vacuum valve yang akan terbuka sekarang, sehingga air dari tangki reservoir akan kembali masuk ke radiator. Untuk mengetes tutup radiator secara awam mudah dilakukan, kurangin coollant di radiator +- 1 liter, pasang tutupnya n copot selang yang di tabung cadangan, tiup n sedot selangnya, klo tutup masih bekerja selang bisa ditiup tp tidak bisa disedot. Intinya tutup radiator berfungsi sebagai klep searah, air bisa masuk ke radiator tp tidak bisa keluar kecuali tekanan pada sistem pendingin lebih besar dari yang tertera pada tutup radiator.

  • Kompresi Mesin Bocor ke saluran pendingin

image016Kompresi pada ruang bakar mesin yang bocor ke sistem pendingin akan menyebabkan over presure pada sistem pendingin, sehingga menyebabkan air akan mengalir secara terus menerus ke reservoir. Hal ini akan mengakibatkan berkurangnya cairan pendingin secara terus menerus sehingga proses pendinginan mesin oleh radiator dan kawan-kawan menjadi terganggu. Kebocoran kompresi ditandai dengan air yang berkurang terus menerus meski semua sistem bekerja. Cara ngetesnya gampang kok, buka tutup radiator (lebih baik pas dingin, klo pas panas awas muncrat), start mesin, klo pas panas air akan muncrat dari mulut radiator. Dalam kondisi mesin nyala perhatikan mulut radiator, klo kompresi bocor maka muncul gelembung angin yang ga ada habisnya. Pada kasus yang parah air masuk ke ruang bakar dan bercampur dengan oli. Untuk pengetesan kebocoran kompresi akan lebih maksimal bila dibantu dengan perkakas yang bisa bikin sendiri seperti pada gambar dibawah ini :

image018

Kebocoran kompresi tersebut disebabkan oleh 2 hal yaitu :

  1. Packing head cylinder yang sudah tidak bagus
  2. Head cylinder yang melenkung/melenting
  3. Water jacket yang sudah tipis
  4. Rumah baut head cylinder dol

Solusi dari poin 1 dan 2 masalah tersebut yang harus dilakukan adalah turun setengah mesin (istilah bengkelnya). Cylinder head di ukur tingkat kerataannya, dan jika melengkung maka harus di scrap (oleh tukang bubut) agar saat dipasang lagi dengan packing yang baru tetap presisi dan tidak terjadi kebocoran. Dalam hal ini TS menyarankan untuk menggunakan packing yang berbahan dasar asbes, hal ini bertujuan untuk mengcounter ketidak rataan/ ketidak presisian head dan cylinder itu sendiri karena kualitas bubut tidak sama dengan pabrik honda di Jepang sono!!

Untuk poin 3 dan 4 harus dilakukan turun mesin penuh dan lagi lagi membutuhkan jasa tukan bubut untuk memopok water jacket (cylinder berbahan alumunium) dan / atau mengetap rumah baut head cylinder.

Smoga berguna

Jangan lupa tinggalkan jejak ya!!

Salam Solped

Mr. Luluk & Mbah Darmi
image026

145 comments on “Mengatasi Overheat
  1. mangdeph berkata:

    solped

  2. masdar helmi berkata:

    Semoga Cielo kita semua terhindar dari penyakit terkutuk & terhina yang bernama overheat,
    Aamiin….

  3. tedy berkata:

    aminnnnn mbahhh…

  4. Ae berkata:

    Sya pernah ngalamin hal ini. Over heat ampe mesin mati. Dan d tes dg membuka tutup radiator dan d start air muncrat kluar. Kondisi saat itu d tol. N d derek. Stlh d bngkel mobil d ponis 2,5 ampe 3rebu. Dan setelah kelar sya d pinta 3 rebu. Kemahalan gak om, apa sya d bohongin ama montirnya. Maklum sya msh kuliah dan saat itu sya sndiri yg mengurus mobil k bngkel ampe kelar. Mhn masukannya om om :d

    • Luluk berkata:

      Tergantung part yang diperbaiki dan di ganti om, klo skalian ganti seal klep dan konco2 nya saya rasa emang segituan walaupun agak sedikit mahal

  5. bowo berkata:

    numpang tanya om…

    cielo saya suhunya belom lewat dari garis tengah (kurang dikit)
    tapi mesin sudah panas, dari tabung reservoir keluar asap.
    kira-kira apanya ya?

    suhu normal cielo tuh seberapa ya? soalnya baru ini megang cielo

    terimakasih om

    • Luluk berkata:

      Reservoir yang mendidih artinya suhu air di saluran pendingin sudah lebih dari titik didih dan pendinginan (radiator serta kipas dan temen2nya) tidak bekerja dengan baik. Masalah overheat sangat kalsik terjadi pada mobil yang sudah tua, harus diurut satu persatu dengan sabar dan seksama
      Masing2 part pada sistem pwndingin harus beekolaborasi dan bekerjasama sehingga pendinginan mesin bekerja dengan baik

      • Ari berkata:

        Menyambung pertanyaan kang bowo om…persis sama cielo saya…suhu minimal switch otomatis bekerja brp ya om?…tp saya check dgn avo meter msh blm ada arus listrik nya (artinya switch blm bekerja, utk ngangkat kipas mesin). Trus saya coba bakar dikompor, stelah panas banget baru ada arusnya (saya test pake AVo meter)…soalnya kmrn di tabung cadangan sempat mendidih. takut overheat saya shortcut lsg ke ACCU kipas nya…alhasil radiator dingin kembali…kira2 yg saya lakukan bener ndak om? Trus apa kah itu tandanya switch nya sdh minta ganti ato gmn?…mohon pencerahan dan referensi toko online utk sparepart cielo, maklum disini susah cari sparepart…suwun

        • Luluk berkata:

          Di cielo terdapat 2 thermoswitch om, yang di rumah thermostat (Thermoswitch A) dan yang di rumah selang masuk radiator (thermoswitch B). Thermoswitch A bekerja kelistrikan pada mobil sudah hidup (kontak on) pada suhu +- 93 drajat Celcius. Sedangkan Thermoswitch B bekerja saat kelistrikan di mobil of (kontak of) pada suhu +- 106 drajat celcius (Ada kode angka yang menunjukkan suhu saat Thermoswitch bekerja).

  6. Didit berkata:

    SOLPED ????

  7. fajri berkata:

    Waktu pertama mesin start kipas nyala nya lama bgt ..ampek keluar air dikit daari tabung reservoir…tp jarum suhu mash dibawah separuh…kira2 apanya za om..thermoswitch baru ganti …..

    • Luluk berkata:

      Pada tabung reservoir ada batasan minimal dan maksimal, tujuannya agar saat terjadi over pressure pada saluran pendingin dan air mengalir menuju reservoir tidak menyebabkan air mbludak dari tabung reservori. Begitu pula saat terjadi under pressure supaya air yang dibutuhkan oleh saluran pendingin tidak kekurangan. Kondisi kipas nyala saat suhu sudah panas adalah wajar, yang perlu diperhatikan adalah, apakah air radiator berkurang terus saat mesin bekerja, klo tidak berkurang berarti aman

      • taufik berkata:

        om luluk. radiator saya kok menyembur keluar airnya kalo di gas dan di buka tutupnya. sudah tak bawa ke bengkel radiator tapi kok masih ya?

        • Luluk berkata:

          Sudah di coba tes kompresi bocor atau tidak om?, Klo ga bocor dan tidak over heat mungkin termostat tidak bekerja atau bekerja tapi tidak maksimal mbukanya. Harus sabar dan teliti satu persatu om

      • andik berkata:

        om mohon pencerahan nya
        honda cielo sy thn 95 mesin tdk over head kalau buat dijalan datar air radiator normal tp kalu kepuncak kok airnya kurang,,,kenapa ya om,,,tlng dibantu

        • Luluk berkata:

          klo yang berkurang air di tanki cadangan berarti ada kemungkinan kebocoran pada jalur airnya om, klo air di radiator yang berkurang ada dua kemungkinan, tutup radiator yang tidak bekerja dengan baik. Bisa juga karena ada kebocoran kompresi (masih kecil skali)

  8. rangga berkata:

    Kalau air di radiator & tabung cadangan sampai habis, penyebab nya apa ya?

    Mesin sampe overheat… temperatur ga ke cek karena jarum indikator mati.

    Mohon pencerahanya dong om..

    • masdar helmi berkata:

      Air radiator habis, kasus terbanyak ya ada kebocoran om (mesti di cek secara menyeluruh semuanya)

      Kalo indikator jarum temp mati bisa bahaya om, pas OH gak terdeteksi malah bisa memperparah kerusakan. (Cek ECT sending unit)

  9. rendracadabra berkata:

    ﺍَﻟْﺤَﻤْﺪُﻟِﻠّﻪِ ﺭَﺏِّ ﺍﻟﻌَﺎ ﻟَﻤِﻴْﻦَ tambah pengetahuan…tengkiyu mbah pencot eh mbah darmi

  10. tiwi berkata:

    penyakit cielo ku bgt.. bikin stress da gak ada bengkel di sini yg bisa perbaiki.. hiks..

  11. Dayat berkata:

    Kipas radiator mati satu om.kenapa ya.mesin jd OH.lamongan kota dimana bengkel yg bgus tau tekomnya om

  12. Ghite Wahyu Hidayat berkata:

    Aslm,
    maaf agant agant menganggu waktu ya nih minta informasi alamat bengkel yang mumpuni diwilayah tangerang guna mengobati cielo 97 mobil kesayangan ane nih ….suka bgt kena demam panas tinggi alias Overhead … mohon dibantu ya

    • masdar helmi berkata:

      Tangerang ke bengkelnya pak marji om, recomended untuk cielo.
      Bengkel Jaya Motor (pak Marji). Jln raya BSD – Parung, gang Mangga Viktor Serpong Tang sel. Tlp 081311377490.

      • Pipit berkata:

        Ikut nanya ya pak.mobil kijang kapsul sya thun 2000 selalu mngalami overheat palagi jika kena macet..sya sudah bawa kebengkel dan sudah diturunin semua dan yg perlu diganti baru sudah diganti semua..sekali sya pke ke magetan gpp lolos pdhal juga kena macet.tp sya pke lg baru berjln 1jm kena macet naik lagi melebihi batas.kira2 apa penyebabnya.trimakasih

        • Luluk berkata:

          Saat macet berarti hembusan angin pada radiator tidak maksimal, atau pendinginan radiator pada saat macet/tidak jalan tidak bagus, coba di korok dulu radiatornya, cek juga hembusan kipas radiator (klo gasalah ikut putran mesin, dicek kondisi kopling pada puli kipas radiator).

  13. danu berkata:

    saya pernah bawa sampe 150km/jam (rpm 3000an) di tol selama lebih kurang 45menit, setelah itu baru nyadar tempratur naik, padahal kalo dibawa 100-110km/jam (rpm 2500) suhu mesin stabil (jarum berada di 1/4 bawah). sebabnya kira2 apa ya, radiator sudah pernah saya kuras sebelumnya, terimakasih jika ada yg berkenan memberi pencerahan, salam

    • masdar helmi berkata:

      Saat putaran mesin cepat & berlangsung lama, suhu mesin juga panas yg membutuuhkan sirkulasi pendingin yg lancar pula..
      Kebanyakan kasus terjadi karena kipas lemah, atau didalam sistem radiator kotor karena arus siekulasi air cepat, kerak2 yg nempel jadi lepas, menghambat sirkulasi pendinginan..

    • ANDREY GINTING berkata:

      Saya jg gini om. Saya isi radiator pakai air buangan ac rumah. Kuras trus saat jalan agak jauh.. Trus ga lama saya ganti coolan bawaan honda. Saya tes lari 160kmj aman om temperaturnya.. Spt nya titik didih air dgn air cooland beda om. Klk pakai air biasa jangan pakai rpm 4rb an

  14. dr kafi berkata:

    assalamualaikum temperatur g naik, tp air di tabung selalu kurang nambah 500ml di mulut radiator dan tangki radiator… bahkan saat tidak dipakai 2-3 hari sampe nambah 5liter di mulut radiator dan tangki radiator..kira2 masalah utama dmn ya?..dan ada bengkel rekanan di tegal-slawi-brebes yg recomended?..matursuwun

    • masdar helmi berkata:

      Kemungkinan ada kebocoran di sistem sirkulasi radiator, harus di cek dengan teliti sumber kebocoran dari mana?
      (Mulai selang besar, selang bypas yg kecil2, pipa besi, seal waterpump, sampe yg terparah kebocoran kompresi)

      Untuk bengkel dulu sih ada di jalan poso tegal, cuman sekarang dah pindah gak tau alamatnya
      Saya cuma ada
      No telp mekaniknya 087-830-016404

  15. Bagus artikelnya.. padat dan berisi, semoga selau sehat, rejekinya tambah banyak dan sehat selalu.. salam sukses buat teman-teman semua..amiin

  16. Bagus artikelnya.. padat dan berisi, semoga selau sehat, rejekinya tambah banyak dan sehat selalu.. salam sukses buat teman-teman semua..amiin

  17. Rizal berkata:

    Ngapunten, nyuwun tulung info bengkel yg recommended di area kediri dan sekitarnya. Overheat pas jalanan mulai menanjak dan temperatur naik turun sesuai irama pedal gas.

    Maturnuwun

  18. Rizal berkata:

    Oiya, mobil e cielo 94

  19. terima kasih telah berbagi berita Mas, betah sekali membaca tulisan-tulisan disini, jadi tambah wawasan.. semoga selalu di beri kesehatan dan sukses selalu..

  20. ajay berkata:

    Numpang tanya kenapa temperatur mobil saya kalau bawa pelan kadang naik padahal radiator sudah pernah saya kuras mohon informasinya

    • Luluk berkata:

      Ada dua kemungkinan om, kipas lemah/ terbalik putarannya atau water pump dah lemah/ karatan baling2nya

      • EL Saragih berkata:

        Pak Helmi. Apa indikasi kipas radiator dan water pump lemah? Temperatur saya naik seperti speedometer pada kecepatan tinggi. Radiator baru diservis. Mohon pencerahannnya. Apa ada group whatsapp untuk Cielo?Terima kasih.

        • masdar helmi berkata:

          Kipas radiator lemah tandanya hembusan angin terasa kurang kencang, bisa dibandingkan dengan fan sebelah (fan kondensor) kurang lebih sama kencangnya..

          Kalo waterpump lemah karena baling2 dalam terjadi korosi sehingga gak mampu memutarkan / sirkulasi kurang lancar..

          Grup whatsapp ada om tapi di grup wa Cielo Owner Community (wajib bagi member)

  21. alamsyah berkata:

    Asskm om masdar dan om luluk,salam kenal,mohon jurusnya om,cielo tahun 95,fan radiator uda di jamper,fan ac nyala jika di on acnya jika off maka libur juga fan acnya klu kembalikan standar apa aja yang dilakukan om karena mau kebengkel takut ditipu om…makasi semuanya moga om luluk dan om masdar diberi kesehatan amiiiin

  22. masdar helmi berkata:

    Sebentar om, di perjelas dulu pertanyaanya..

    Ni bicara normalnya..
    Kalo posisi ac on, sudah pasti kedua fan (fan radiator & fan condensor) itu nyala, meski posisi mesin begitu start langsung di on ac nya..

    Jika posisi ac off, tentunya fan juga ikut off (suhu masih dingin) kalo suhu mesin sudah dalam batas optimal, maka otomatis fan akan berputar secara berkala sesuai kondisi suhu mesin..

    Nah kalo dijumper, biasanya begitu kontak di on, fan langsung nyala, nah model jumper fan yg kayak gini biasanya yg bikin motor fan cepet rusak, boros bbm, atau ECT sudah gak berfungsi dengan baik..

  23. Morry berkata:

    Om mau konsul … Saya masih baru pake cielo,,, selang radiator saya ada kebocoran jdi gampang pnas mesin.. klu misal mau ganti kira2 abis brp?? 1 lagi kadang knalpot ngbul asap item banyak.. trims

  24. EL Saragih berkata:

    Terima kasih pak Helmi. Lebih jauh lagi, bagaimana cara ngetest water pump yang lemah khusus di Cielo? Pada suhu berapa biasa thermostat switch on (radiator fan on)? Apakah ada thermostat dengan suhu/temperature yang lebih rendah agar radiator fan lebih sering switch on? Lagi pusing. Mohon pencerahan sekali lagi.

    • masdar helmi berkata:

      Sebenarnya bukan lemah om, karena putaran waterpump selaras dengan putaran mesin..
      Cuma kalo baling2 waterpump sudah korosi bisa berakibat aliran sirkulasi kurang maksimal (lebih mudah bahasanya dengan sebutan waterpump lemah)
      Secara fisik mesti dilihat langsung (lumayan repot bongkar pasang waterpump)
      Malah yg sering terjadi seal waterpump jebol, jadi terjadi kebocoran..

      ECT engine coolant themperatur (thermoswitch fan) akan bekerja di suhu sekitar 90 -97℃ (ect switch A yg di rumah thermostat)
      Dan sekitar 93 – 106℃ (ect switch B, yg di depan delco)

      Thermostat dianjurkan pake yg standar om, (mulai terbuka sekitar suhu 76-80℃)
      Akan terbuka maksimal di suhu +-90℃

      Kurang lebih begitu penjelasannya..

  25. EL Saragih berkata:

    Terima kasih.

    ECT engine coolant themperatur (thermoswitch fan) akan bekerja di suhu sekitar 90 -97℃ (ect switch A yg di rumah thermostat). Dan sekitar 93 – 106℃ (ect switch B, yg di depan delco).

    Pertanyaan:
    1. Apakah ECT A dan B ini standar dari pabrik?
    2. Apakah ada dijual ECT switch A yang bekerja di suhu yang lebih rendah?
    3. Apa fungsi ECT switch B?
    4. Apakah ada thermostat yang tidak standar?

    Lebih baik saya bertanya dari pada sesat di jalan. Mohon kebaikannya. Terima kasih banyak.

  26. EL Saragih berkata:

    Berdasarkan keterangan di atas.
    Pertanyaan:
    1. Apakah parameter ECT A dan B ini standar dari pabrik?
    2. Apakah ada dijual ECT switch A yang bekerja di suhu yang lebih rendah?
    3. Apa fungsi ECT switch B?
    4. Apakah ada thermostat yang tidak standar?

    Lebih baik saya bertanya dari pada sesat di jalan. Mohon kebaikannya. Terima kasih banyak.

  27. masdar helmi berkata:

    1. Ya, berikut diagram standar pabrikan ect:

    2. Kemungkinan ada

    3. Untuk menerima data suhu mesin melalui air radiator, lalu dikirim ke ECU dan diteruskan ke fan modul, fan relay lalu ke motor fan..
    Berikut diagramnya :

    4. Banyak (tergantung sistem kerja thermostat terbuka pada suhu berapa ℃)

  28. EL Saragih berkata:

    Terima kasih. Boleh tau bengkel yang paham soal Cielo di Jakarta? Radiator baru di service (tidak bocor), hemvusan kipas radiator kencang tapi kok kalau di bawa jalan temperature bisa naik melewati garis tengah bahkan hampir ke garis merah? Kenapa ya? Tapi kalau tidak jalan temperature cuma di bawah garis tengah. Apakah water pump bermasalah?

  29. EL Saragih berkata:

    Boleh tau bengkel yang paham soal Cielo di Jakarta? Radiator baru di service (tidak bocor), hemvusan kipas radiator kencang tapi kok kalau di bawa jalan temperature bisa naik melewati garis tengah bahkan hampir ke garis merah? Kenapa ya? Tapi kalau tidak jalan temperature cuma di bawah garis tengah. Apakah water pump bermasalah?

  30. EL Saragih berkata:

    Bisa nomor hape atau nama toko om Basor? Terima kasih.

  31. EL Saragih berkata:

    Bisa nomor telepon/hape atau nama toko om Basor? Terima kasih.

  32. EL Saragih berkata:

    Bisa nomor telepon/hape atau nama toko om Basor? Saya mau ke sana hari ini. Terima kasih.

  33. EL Saragih berkata:

    Bisa nomor telepon/hape atau nama toko om Basor? Saya mau ke sana hari ini.

  34. thiuss berkata:

    Semngattt pagiii…..salam COC ….om helmi…om lulukk….sukses slalyuu eaaaa

  35. angga berkata:

    Misi om master. Mau tanya nih, persamaan seal master kopling bawah cielo. ( kanibalan )
    Bocor, susah cari punya semoxnya om. Mksihh

    • Luluk berkata:

      Sama dengan punya maestro om, klo yang jual eceran (sealnya thok) emang susah om, biasanya 1 set seal berikut pistonnya ataupun satu glondongan lengkap

  36. Jacq van Braling berkata:

    Assalamu’alaikum..
    Om, Cielo saya juga mendadak demam karena air radiator bocor di komponen yang ada di sebelah kiri VTEC. Bengkel di Purwokerto yang recommended mana ya Om? Matur sembah nuwun sebelumnya…
    Wassalamu’alaikum…

  37. Mulyana GS berkata:

    Om luluk & Mbah

    Mohon petunjuk bengkel Cielo yang bagus….. beberapa kali ke bengkel biasa
    Hasilnya kurang memuaskan… Cielo sy thn 1997 , kayaknya ada kebocoran di kompresi mesinya… sehingga di radiator ada gelembung terus , ga habis habis……

    thanks infonya

    ane Mulyana di Jl.Ratna – Jatibenig bekasi

  38. Arya berkata:

    om ,

    mau nanya per belakang ceilo agar agak tinggi pake per apa yah soalnya udah ceper bgt yg orsinilnya.

  39. Erix berkata:

    Ada yg pny radiator cielo g?e

  40. rizky berkata:

    Om sya br mengang cielo 96, selalu ovr’ht, dan berasap, sudah dbwa k bngkel masih tetep aja, msti gmn tu om..

    • masdar helmi berkata:

      Selalu overheat tuh harus dicari dulu penyebab pastinya om, kasus terparah head dah bengkok (musti turun setengah mesin)

      Kalo yg dimaksud berasap itu knalpot keluar asap putih kebiruan (oli nylonong ke ruang bakar)bisa ada beberapa penyebab (mulai ring sekher dah lemah, piston baret2, dinding cylinder baret dll..
      Solusi ya turun mesin, ganti parts yg bermasalah..

  41. JHermawan berkata:

    Baru aja ngalamin Over heat kemarin bang…. air radiatornya sampe habis, kalau bengkel yang bagus ngerjain cielo area surabaya dimana ya bang? thanks

  42. vikrinjati berkata:

    om mau tanya ni kalok overheat itu kalok di benahi bisa sembuh seperti semula ngak ya. soal nya cielo saya tu habis over terus sekarang air nya ada yang netes dari water pumpnya sama kalok di hidupin brebet brebet dulu itu apanya ya om sama mesin cepet panas. dan itu bisa sembuh seperti semula ngak ya kalok dibenahi

  43. Yan Hizrian berkata:

    Om…Punya saya Cielo matic 96. Kalo mesin hidup kipas gak berputar ketika suhu sudah mencapai 95°. Indikator suhu juga sudah lewat setengah. Langsung mesin saya matikan. Kipas menyala. Saya kontak on, kipas mati lagi (pada posisi panas tinggi). Kenapa ya?

    • Luluk berkata:

      Thermoswitch pada cielo ada 2, di rumah termostat dan di dudukan selang besar yang menuju radiator. Kemungkinan thermoswitch yang di housing thermostat tidak connect kabelnya atau thermoswitch nya sendiri yang sudah error

  44. Yan Hizrian berkata:

    Sekalian punya rekomendasi bengkel Honda Cielo di daerah Bandung gak om?

    • Luluk berkata:

      Coba hubungi om teguh ‘guguh’ nugraha atau om mt mahardika di fb om, beliau penguasa wilayah bandung

      • andik berkata:

        om mohon pencerahan nya
        honda cielo sy thn 95 mesin tdk over head kalau buat dijalan datar air radiator normal tp kalu kepuncak kok airnya kurang,,,kenapa ya om,,,tlng dibantu

        • Luluk berkata:

          klo yang berkurang air di tanki cadangan berarti ada kemungkinan kebocoran pada jalur airnya om, klo air di radiator yang berkurang ada dua kemungkinan, tutup radiator yang tidak bekerja dengan baik. Bisa juga karena ada kebocoran kompresi (masih kecil skali)

  45. Jun berkata:

    Saya pengguna cielo thn 94 manual (pemakai baru ),kendala nya ya itu2 aja overheat sudah ganti water pump , bongkar radiator( bersihin) dan ganti kepala intake air ke mesin , tpi msh aja sering overheat terakhir malah bocor di perpack nya… ribet ya ngurusin si cielo ini.. bagi sobat yg tinggal di lampung tengah pengguna cielo bisa slg sharing , 085668907155

  46. Owie berkata:

    Assalamu’alaikum. Om Luluk, Cieloku baru saja turun mesin. terus sekarang kalo di gas di RPM 1400 mesin tidak stabil alias ndut ndutan. kira kira masalahnya di mana ya om?. Juga lamu indikator oli kalo mesin belum distarter itu nyala aja. padahal sebelum mesinnya di turunin semua indikator oli itu ga nyala, cuma indikator aki aja yang nyala.

    • masdar helmi berkata:

      Penyakit klasik saat turun mesin cielo, ada yg gak bener saat pemasangan partsnya, terutama beberapa kabel sensor..

      Coba cek lagi semua soket kabel sensor yg nempel trus setting ulang..
      Kalo oli coba cek switch presure oli, letaknya di sebelah filter oli..

  47. Galang berkata:

    Om numpang pencerahan… Radiator ane ga bocor dan kipas nyala tp kmaren overhead. Tdi pas aku coba ternyata muncul gelembung yang ga ada abisnya.. Terus packing yg buat saluran knalpot bautnya los 3.jdi mesin kaya yg brebet gtu. Kata montir suruh turun mesin setengah sama suruh tap bubut. Kira2 jebol kantong ane gak ya??

    • Luluk berkata:

      Untuk turun 1/2 mesin, ganti packing, scrap head cylinder dan ganti seal2 lainnya serta ongkosnya variatif om, siapkan saja dana sekitar 1500-2000

  48. Brian berkata:

    Numpang tanya suhu owner cielo
    Cielo ane sering overheat pas AC on, sudah 3x masuk bengkel masih saja overheat. Sudah ganti waterpump, nambah extra fan juga, radiator sdh dikorok 2x. Kira2 penyakitnya apa?

    • masdar helmi berkata:

      Mesti dicari sampe ketemu penyebabnya dulu om, mulai dr tutup radiator, thermostat, thermoswitch, motor dinamo kipas, yg terakhir cek.kompresinya..

  49. ari berkata:

    Klo bengkel yang mumpuni daerah bandung untuk cielo dmn ya om, terimakasih

  50. Khairul berkata:

    Makasih bgt infox bang…

  51. agox berkata:

    Salam om
    Ada ngak ya bengkel untuk Cielo di balikpapan?mohon infonya tq

  52. akhmad syarief berkata:

    selamat pagi para suhu..,
    penyebab kipas ekstra fan mati saat kondisi mesin mobil panas baik saat tanjakan/full load itu knp yaa?tp pas kondisi mesin dingin / di esokan harinya dinyalakan itu kipas jalan normal..
    mohon petunjuknya..

    • Luluk berkata:

      Kalo kelistrikan kipas blom di jumper, kipas hanya nyala saat kondisi mesin panas (di atas suhu bakar ideal), dan berhenti lagi saat suhu bakar sudah ideal om, kalo sudah di jumper kipasnya kemungkinan relay kipas sudah main2

  53. ADIE berkata:

    THANK YOU BRO !!
    ULASAN UTK MENGATASI OVERHEAT DARI SAUDARA BANYAK MEMBANTU SAYA.
    ADA JUGAK AYAT YG TAK FAHAM TAPI KIRA OK LAHH. SAYA DRI MALAYSIA

  54. Agung berkata:

    Om kipasku nyala mesti kontak off itu nyala kalo mesin panas dan habis kepake.
    Intinya mesin panas habis dipakai kontak off tapi kipas masih nyala penyebanya apa ya om

  55. Rendi berkata:

    Om mau tanya, cielo 94 saya tiba2 jarum temperatur suhu penuh ke atas, saya cek ternyata mendidih kehabisan air radiator dan penampung jg habis.
    setelah agak dingin, saya isi lagi air di radiator dan penampungnya, sama2 dipenuhin.
    Mobil gk saya pake lagi, keesokan harinya saya cek lagi air radiator dan penampungnya habis semua, pdahal mobil hanya diparkir saja.
    itu kenapa om? mohon pencerahannya om.
    terima kasih

    • Luluk berkata:

      Cek saluran pendingin, apakah ada kebocoran. Klo tidak ada yang bocor coba tambahkan air sampai penuh dan tutup jangan dipasang dulu, hidupkan mobil. Apakah saat distater dari mulut radiator muncrat airnya….Klo muncrat berarti ada kebocoran kompresi yang disebabkan oleh melengkunya head cylinder atau karena packing head yang bocor

      • Rendi berkata:

        Terima kasih om luluk, mau tanya lagi om hehee.
        saat ngidupin mesin, bunyi kenalpot brebett.
        saat jalan hilang, saat lepas gas dg transmisi 1, 2 dan 3 mesin tersendat sendat, saat digas lagi hilang sendatannya bahkan tdak ada kendala apa2.
        itu kenapa ya om?
        busi di cek bagus semua.
        bengkel blg ada kebocoran.
        tpi blm jelas bocornya dimana.

        • heru berkata:

          Om mau tanya penyebab motor kipas radiator muter nya lemah,,,,,apa ya om,,???
          Ceilo 97,,,,,,kadang biar bisa muter harus dibantu pakai tangan muternya,,,
          Kira2,,apa penyebabnya,,,???terimakasih

  56. Asep berkata:

    Om lulung mau tanya2,saya pemula dr honda cielo 94,,kebetulan mobil yg saya beli overhead penyakitnya..kira2 kena biaya brp ya om klo saya minta di ploting jg headnya..
    Terima kasih

  57. bachtiar berkata:

    Maap om salam kenal dr surabaya. mau tanya bengkel di surabaya yg recom untuk cielo dmn ya?

  58. tanto berkata:

    om mau tanya. bengkel yg bagus buat cielo di daerah bekasi ato cikarang ada g ya? saya tinggal di cikarang. terimaksih om

  59. Fendry berkata:

    selamat pagi om sblom nya,,terimakasih
    saya mau tanya untuk bengkel yg recomend untuk cielo di tangerang ada info nya ga ya om luluk?
    saya di cipondoh tangerang
    soal nya pernah over head sampai air habis karna selang cpot,mesin mati
    apakah kemingkinan besar sesudah itu head nya melengkung?
    terima kasih sebelum nya,,slamat pagi

  60. Fendry berkata:

    dan info untuk comunity di tangerang,bisa hub siapa ya
    kalau ada minta contact person nya ,trimakasih

  61. Cipto berkata:

    Om. Mau nanya. Kipas cielo saya meskipun mesin mati kok nyala terus ya.

  62. Fajar Dewanto berkata:

    Om, minta info bengkel cielo rekomended di jogja dong.. Buat ngatasi masalah radiator & kaki kaki.. Maturnuwun

  63. Suyudi berkata:

    kalau kondisi suhu sudah panas fannya nyala 1 (fan radiator) apa 2 (fan radiator dan fan ac) om normalnya?? soalnya ni cielo yang muter cm fan radiator dlm kondisi panas, kalau ac on fan nyala semua

  64. Resky berkata:

    Bos cielo saya uda tak ganty prepak cilinder cop tpi kok air pada posisi mesin panas balik ke penampungn radiator menguap …
    Trs mobil mlh maty om distater lgi gk mau …
    Tolong wa saya secepatnya mohon pencerahannya
    0895364291777 posisi lagi mogok dijalann

  65. Romi berkata:

    Saya mau tanya om awalnya radiator saya normal normal aj tetapi setelah dipakai ke jalan agak menanjak untungnya nyampek rumah tiba tiba selang yg ke arah cooland nya lepas dan ngobos knap y om padahal temperatur normal om mesin jg GG ad masalah radiator juga UD dibersihin mohon pengarahanya

    • Luluk berkata:

      Selang yang ke arah tabung cadangan ya om, berarti over pressure di sistem pendingin, bisa jadi karena pendinginan yang kurang bagus (kipas kurang kenceng atau hanya berputar 1), bisa juga karena thermoswitch kipas lambat bekerja

  66. Sunar berkata:

    Om mau tanya ..kenapa Cielo saya klo ac ngk nyala kipas ny ngk mau nyala.seharus ny ketika mesin panas kipas harus nyala dua2 ny..mohon pencerahan nya

  67. Sohib B berkata:

    Ass..selamat pagi,mohon ijin gabung para senior ciello,ijin tanya kemaren penutup air radiator saya lupa g saya tutup,akhirnya perjalanan stgah jam mesin mati,kira2 apanya ya gan,dan kl diperbaiki HBS uang berapa ya,mksh.ciello gombong

    • Luluk berkata:

      Kemungkinan mati karena overheat itu om, harusnya saat mati mobil di diamkan sampai dingin, isi air radiator baru stater ulang.
      klo saat panas langsung diisi air akan menyebabkan kerusakan pada head cylinder (mlengkung)
      klo sampai head mlengkung akan terjadi kebocoran kompresi, harus turun head untuk di scrap dan ganti packing head

  68. heru berkata:

    Salam kenal mas lulu,,,,,,

    Mau tanya mas lulu,,,penyebab motor kipas radiator berputar lemah sekali
    Apa ya mas,,???

    Kadang saya bantu pakai tangan agar bisa berputar,,,???itu pun pelan muter nya,,,,

    Trus saya sering pakai 1 kipas,,,,kipas ac aku matikan,,,,apa ada pengaruh berpendingin mesin,,???

    Terimakasih

    • Luluk berkata:

      Karbon kipas sudah habis tu om, cari saja di toko spare part, bilang coal booster (klo bisa bongkar motor kipas sendiri) . Klo kipas yang besar sama dengan avansa punya motor kipasnya

  69. terima kasih telah berbagi berita Mas, senang sekali rasanya membaca tulisan2 di blog ini, saya merasa bertambah wawasan semoga selalu di beri kesehatan dan sukses selalu..

  70. terima kasih telah berbagi berita Mas, betah sekali membaca tulisan-tulisan disini, jadi tambah wawasan.. semoga yang mengeleloa blog ini selalu di berikan kesehatan..

  71. terima kasih telah berbagi informasi Mas, betah sekali membaca tulisan-tulisan disini, jadi tambah wawasan.. semoga selalu di beri kesehatan dan sukses selalu..

  72. Rumi berkata:

    Om saya punya AM, saat jalan ac nyala surabaya semarang aman, tetapi saat ac mati semarang demak jarum temperatur mentok atas.
    Lalu berhenti di dinginkan trs isi air stater lanjut surabaya pake full ac aman.
    Masalahnya di mana y om?
    Makasih sebelumnya untuk pencerahannya om.

    Salam hangat
    Rumi

  73. mobilnya sudah 6 bulan keluar masuk bengkel dengan alasan overheat.
    apa yang harus saya lakukan agar cielo saya kembali normal kembali?

  74. Ananto berkata:

    om mau tanya, saya kesulitan utk mendptkan waterpump ori cielo di toko” onderdil, mereka hny tersedia yg non ori/kw, menurut om lbh recomend mana utk kualitas kedua waterpump kw ini, merek GMB atau NPW ? matur suwun

  75. Jaya berkata:

    Posisi termostat suhu yg benar di garis berapa

  76. Dino berkata:

    Maaf om mau nanya…fan ac gak nyala trus ac gak di nyalain kok temperatur bisa naik…apa pengaruh ya om…

  77. Rahmatefendi berkata:

    Kalo over head harus di ganti decsel nya pak…padahal deksel saya br saja di scruub.tp overhead terus berlanjut

  78. Rahmatefendi berkata:

    Kalo over head harus di ganti decsel nya pak…padahal deksel saya br saja di scruub.tp overhead terus berlanjut

    • Luluk berkata:

      Tergantung dari sebabnya om, klo sebabnya bukan dari kebocoran kompresi akibat dari mlengkungnya head cylinder atau packing head nya ya ga perlu ganti packing

  79. asep kosasih berkata:

    Maap numpang nanya kalau buat kursus radiator yang resmi dimana yah .masalah nya saya belajar otodidak udah setahun sebelumnya di proyek . ada pun punya guru. ga jelas ,kaya yang binggung.ga tau dia belajar dari mana.mohon pencerahanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *