Mendeteksi Mesin Mobil Part II

Pada part sebelumnya telah dikupas tentang gejala mesin melalui indikator pada dashboard, selanjutnya masih dalam mendeteksi mesin secara visual. Selain mendeteksi mesin melalui pandangan mata pada dhasboard, kita juga sebaiknya lebih tau selain hal tersebut gejala lain yang bisa kita deteksi secara visual dari keluarnya asap pada knalpot.

  • Asap putih di pagi hari (mobil masih dingin)

Asap PutihAsap yang keluar dari knalpot pada saat memanaskan mesin terutama pada kondisi cuaca dingin (pagi/hujan) adalah merupakan uap air dari embun yang terbakar pada exhaust  + hasil pembakaran bbm n udara. Bensin/pertamak memiliki unsur C (Carbon) dan H (Hydrogen), sedangkan udara unsur O (Oxygen), reaksi kimia dari ketiga unsur tersebut menghasilkan Uap Air (H2O) dan Carbon Monooksida (CO). Air yang keluar dari knalpot merupakan hasil pembakaran sempurna bbm dan  udara, bila mesin udah panas asap putih/air tsb akan hilang dgn sendirinya. Akan lebih afdol bila kita colek lubang kenalpot dan lihat hasilnya, jika jari kita bersih brarti mesin tersebut dalam keadaan sehat.

  • Asap putih kebiruan

Asap BiruMenandakan ada oli yang ikut terbakar pada ruang bakar, bila kita colek pada lubang kenalpot maka tangan kita akan kotor dan berwarna hitam agak lengket (khas oli), bau asap pun khas bau oli terbakar (sangit2 gimana gitu). Penyebab oli ikut terbakar diruang bakar pada intinya ada 3 yaitu :

 1.  PCV rusak

PCVPCV singkatan dari Positive Crankcase Valve yaitu suatu sistem yang mengeluarkan gas dan uap berbahaya dari ruang mesin tanpa mengeluarkannya ke udara. Sistem ini memanfaatkan vacuum dari manifold untuk mengeluarkan gas dan uap dari ruang mesin dan kemudian bersatu dengan campuran udara bahan bakar menuju ruang bakar sehingga dapat di bakar lagi. Aliran atau sirkulasi ini di kontrol oleh sebuah katup yang didesain khusus yaitu katup PCV. Katup PCV sanggup menekan tingkat polusi dan juga menjaga ventilasi di ruang mesin.
PCV yang rusak menyebabkan tidak hanya uap dari ruang mesin yang terangkut tapi oli juga ikut terangkut ke throttle body sehingga terbakar bersama bbm dan udara, terbakarnya oli tersebut menyebabkan asap berwarna putih tipis baik saat mesin dingin maupun sudah panas. Solusi dari hal tersebut cukup mengganti PCV, harganya masih bisa dibilang bersahabat, untuk yang KW +- 80 K, sedangkan yang original +- 2 s/d 3 kali harga yang KW

2.  Seal Klep yang sudah kaku

Seal KlepLetak seal klep ada di head cylinder dengan jumlah sama dengan klepnya yaitu 16, fungsi seal klep adalah sebagai pembatas antara bagian head cylinder yang membutuhkan pelumasan dengan intake dan exhaust segaligus mencegah masuknya oli tersebut ke intake dan exhaust. Rusaknya seal klep yang menyebabkan oli meluncur masuk ke intake manifold menyebabkan oli ikut terbakar di ruang bakar, sedangkan yang meleleh ke exhaust manifold menyebabkan oli terangkut ke saluran knalpot mobil. Kedua hal tersebut menyebabkan gas buang sisa pembakaran menjadi berwarna putih kebiruan dan berbau oli yang terbakar.
Biasanya ciri2 dari seal klep yang sudah terbakar adalah asap putih kebiruan yang keluarnya tidak teratur dari knalpot. Jika kita berkendara, asap tersebut  bisa terlihat jelas saat akselerasi dan deselerasi, pada rpm yg lebih tinggi asap justru smakin tipis, mesin juga tidak kasar dan tidak mengalami penurunan performa yang signifikan. Oli mesin berkurang terus, jadi harus sering melakukan pengecekan secara berkala, jangan sampai kehabisan oli mesin (bisa berabe akibatnya).
Untuk menangani hal tersebut owner harus melakukan turun setengah mesin (istilah bengkelnya), karena untuk mengganti part tersebut klep harus dilepas dari head cylinder. Selain seal klep, saat turun mesin harus diganti skalian adalah packing head cylinder.

3.   Ring Piston lemah/ patah

Ring PistonRing piston yang sudah lemah atau patah menyebabkan kompresi yang terjadi pada ruang bakar tidak maksimal, celah pada patahan maupun gap yang ditimbulkan akibat lemahnya ring piston tersebut menyebabkan oli mesin ikut terangkut ke ruang bakar dan terbakar bersama dengan bbm dan udara. Hal tersebut selain menimbulkan asap putih kebiruan yang volumenya seirama dengan raungan mesin, juga berdampak pada penurunan performa mesin yang signifikan, bbm menjadi boros. Lemahnya ring piston terjadi karena faktor pemakaian usia part, sedangkan patahnya ring piston sebagian besar terjadi karena kesalahan pemakaian dan perawatan mesin (kesalahan penggunaan oli mesin, pemakain mesin untuk kompetisi/kebut-kebutan sehingga mesin lebih sering dipacu pada rpm tinggi). Bila owner mendapati masalah ini, yang perlu dilakukan adalah Over Houl (turun mesin). Bukan berarti hanya ring piston yang diganti, tetapi terlebih dahulu di cek kondisi cylinder dan pistonnya, jika masih dalam batas toleransi bisa dipakai maka cukup diganti ring pistonnya saja. Tetapi jika kondisi cylinder sudah baret maka harus dilakukan over size pada cylinder dan piston.

4.   Cylinder Baret

Cylinder BaretSama halnya dengan ring piston yang patah/ lemah, baretnya cylinder juga menyebabkan kompresii yang dihasilkan oleh piston pada ruang bakar tidak maksimal. Oli ikut terangkut keruang bakar melalui celah pada cylinder yang baret tersebut. Baretnya cylinder bisa terjadi karena patahnya ring piston, piston baret maupun adanya material (kerak/kotoran pada ruang bakar) yang menyangkut pada celah piston sehingga saat piston bekerja menyebabkan hal tersebut. Gejala dan solusi dari cylinder yang baret pun sama dengan ring piston yang lemah ataupun patah.

5.  Piston baret

Piston BaretSeperti yang sudah diulas tadi, piston yang baret selain menyebabkan cylinder ikut tergores juga menyebabkan kompresi yang dihasilkan menjadi lemah dan oli ikut terangkut ke ruang bakar. Penanganannya pun sama, yaitu harus dilakukan turun mesin dan mengganti part tersebut diikuti dengan oversize.

Untuk mendeteksi kerusakan yang diikuti dengan gejala asap putih kebiruan akan lebih sempurna jika diikuti dengan tes kompresi. Tes kompresi tidak bisa kita lakukan sendiri, harus menggunakan alat khusus. Dengan tes kompresi tersebut kita bisa tahu apakah cylinder, ring, piston yang rusak ataukah cuma seal klep yang bermasalah, karena salah analisa bisa menimbulkan pengeluaran yang tidak seharusnya.

  • Asap Hitam

Asap hitamAsap hitam yang keluar dari mesin yang berbahan bakar hydro carbon (bensin dan sejenisnya) menandakan campuran bbm yang terlalu kaya (rich), hal ini bisa disebabkan karena kesalahan seting AFR (Air Fuel Ratio) atau dengan k ata lain setingan campuran udara dan bbm yang terlalu kaya, setingan AFR pada cielo sangat jarang diutak atik dari lahirnya, sudah semenjak dilahirkan standar pabrik (meskipun bisa di ubah). Penyebab lain yang menimbulkan asap hitam kesalahan sensor2 yang berhubungan dengan volume bbm yang harus disemprotkan injector karena filter udara, throttle body, intake manifold, injector, yang sudah sangat kotor. Insyaallah dengan di bersihkan part-part tersebut di atas penyakit ini bisa sembuh total.

Sampai jumpa pada part III

Salam Solped
image006

Post Author: admin

9 thoughts on “Mendeteksi Mesin Mobil Part II

    Boeing 442

    (March 10, 2016 - 5:08 am)

    Angkat Aku jadi muridmu Master

    dd saputro

    (September 17, 2016 - 6:14 pm)

    Pak mau tanya, itu pengecekan ny hanya sekedar di running atau di hight idle pak.. Sambil di injak gas full

    masdar helmi

    (September 18, 2016 - 8:33 pm)

    Posisi idle sambil digas

    atika

    (September 30, 2016 - 8:49 pm)

    Pak mau tanyak.. Saya baru beli cielo tahun 1997.. Katanya mesinnya pincang.. Berapa kira kira estimasi budgetx ya pak untuk perbaikan..

      masdar helmi

      (October 1, 2016 - 6:12 am)

      Knalpot keluar asap gak?
      Kalo gak berasap tapi pincang bisa cuma karena busi dah minta diganti (perkiraan paling ringan)
      Estimasi biaya cuma ganti busi @20rb/biji

      Tapi bisa juga karena seal busi bocor, (ringan juga, sekitar 50rban)

      Yang berat jika pincang karena head bengkok/melenting, ada air yg nyelonong ke ruang bakar melalui waterjacket atau packing head.
      (Lumayan berat, estimasi 2-3jt)

    jepri

    (May 12, 2018 - 10:59 am)

    pak mawu taya…sy puya honda ciello thn 94..peyakit nya 1.mobil klo lg jln ulur gas ngurangin gigi k2 tu tdk ada tenaga ny..
    2.mobil kadang2 ngedut2..
    3.mobil bahan bakar nya boros
    4.gas nya kadang2 lansam kadang2 gas nya tidak lansam.
    5.klo posisi jlan klo ngidupin AC klo posisi kita lambat karna mengurangi Gas mesin mati klo tdk mengurangi gas lamsan dia tdk mati..klo gk ngidupin AC mesin tidak mati..
    tolong pak kira2 peyakit nya ap..sy bertaya pada bapak karna bapak Dokter nya…trmks pk.

      Luluk

      (June 5, 2018 - 4:15 pm)

      coba di tune up om
      bersihkan filter udara, throttle, kalibrasi injektor, seting pengapian, seting klep sesuai standar (25/30)

    jepri

    (May 12, 2018 - 11:01 am)

    pak mawu taya…sy puya honda ciello thn 94..peyakit nya 1.mobil klo lg jln ulur gas ngurangin gigi k2 tu tdk ada tenaga ny..
    2.mobil kadang2 ngedut2..
    3.mobil bahan bakar nya boros
    4.gas nya kadang2 lansam kadang2 gas nya tidak lansam.
    5.klo posisi jlan klo ngidupin AC klo posisi kita lambat karna mengurangi Gas mesin mati klo tdk mengurangi gas lamsan dia tdk mati..klo gk ngidupin AC mesin tidak mati..
    6.asap nya perih di mata.
    tolong pak kira2 peyakit nya ap..sy bertaya pada bapak karna bapak Dokter nya…trmks pk.

      Luluk

      (June 5, 2018 - 4:15 pm)

      coba di tune up om
      bersihkan filter udara, throttle, kalibrasi injektor, seting pengapian, seting klep sesuai standar (25/30)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *