Mendeteksi Mesin Mobil Part I

Mobil bisa kita analogikan sama dengan manusia, bila terserang suatu penyakit, flu misalnya, biasanya sebelum menyerang ke tubuh terlebih dahulu terdapat gejala-gejala awal sebelumnya seperti bersin-bersin, demam, sakit kepala dsb. Demikian juga halnya dengan mesin mobil, pada umumnya kerusakan tidak terjadi dengan tiba-tiba, sebelumnya selalu terlihat atau terasa adanya gejala-gejala atau tanda-tanda kelainan. Akan lebih bijak bila kita mengenal gejala atau tanda-tanda tersebut dengan secepatnya dan setepat-tepatnya, sehingga bisa teratasi dengan efektif dan efisien. Terlebih bagi para calon cielo owner yang mau meminang semok, sangat di perlukan kemampuan.

Pada bagian ini ts coba bahas tentang mendeteksi mesin secara visual baik pada indikator di dashboard

  • Indikator Aki

image003Idealnya saat kontak on indikator aki akan menyala, baru setelah kita start dan engine on indikator tersebut mati. Jika indikator tersebut tetap menyala saat mesin hidup, menandakan ada yang tidak beres dengan pengisian daya ke aki. Part yang berhubungan dengan ini adalah Altenator atau istilah bengkelnya dinamo setrum/ dinamo amphere. Hal ini bisa disebabkan kerusakan pada altenator itu sendiri ataupun jalur kelistrikan dari altenator ke aki.

  • Indikator Oli

image004Sama seperti indikator aki, indikator oli menyala saat kontak on dan mati begitu engine on. Nyalanya indikator oli saat mesin hidup menandakan kurangnya tekanan oli yang terbaca di oil presure switch. Hal ini bisa disebabkan oleh tiga hal yaitu ; soket pada oil presure switch yang tidak terpasang sempurna, volume oli pada mesin yang kurang dari toleransi takaran dan masalah pada oil pump serta jalur oli tersebut menuju head cylinder.

  • Indikator Hand Brake

image005Indikator ini menandakan rem tangan sedang bekerja. Bila rem tangan sudah dilepas tetapi indikator hand brake tetap menyala ada dua kemungkinan. Hal ini bisa disebabkan karena switch pada handbrake yang tidak mau of saat handbrake free atau minyak rem yang kurang dari takaran pada reservoir. Didalam satu rangkaian pengereman terdapat dua buah switch pemicu nyala pada indikator hand brake, switch yang pertama berada di bawah tuas rem tangan dan switch yang kedua berada didalam reservoir minyak rem.

  • Chek engine

image007Nyalanya indikator chek engine menunjukkan adanya kegagalan satu atau lebih sensor yang bekerja pada mesin cielo. Bisa karena sensor yang udah KO ataw soket yang yang tidak tersambung sempurna. Paling sering terjadi adalah pada speed sensor (VSS) yang tidak bekerja, yang jelas klo speed sensor tidak bekerja, maka speedometer juga akan mati, dan engine chek akan nyala sesaat setelah mobil berjalan. Jika bukan disebabkan oleh VSS, maka kita harus melakukan engine scan untuk mengetahui sensor mana yang bermasalah (fungsi sensor baca di https://cieloownercommunity.com/teknik/mengenal-sensor-honda-accord-cielo/ ). Engine scan biasa dilakukan oleh bengkel dengan menggunakan engine scaner, tetapi untuk cielo kita bisa melakukan engine scan sendiri. Untuk lebih jelasanya silahkan buka pada link https://cieloownercommunity.com/teknik/self-diagnostic-honda-accord-cielo/

Salam Solped

image006

Post Author: admin

5 thoughts on “Mendeteksi Mesin Mobil Part I

    Pakdhe Osh

    (March 3, 2016 - 10:51 am)

    Juoosss….✊

    Boeing 442

    (March 10, 2016 - 4:57 am)

    Juoosss….✊

    nanang#398

    (March 10, 2016 - 6:59 am)

    Manstap, infonya

    Hamzah

    (November 10, 2016 - 3:12 pm)

    Punya saya speedonya mati dan kalau uda temperatur naik check engine nya nyalah.. Ituu harus ganti speed sensor ya om.. Kira” berapa duit yaa.. Soalnyaa udaa 1 minggu sisemok saya seperti itu..

      masdar helmi

      (November 10, 2016 - 9:21 pm)

      Iya kemungkinan speed sensor yang bermasalah, coba cek dulu di speed sensornya apa soketnya kendor / ada kabel putus / memang speed sensornya dah minta di lem biru..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *