Sistem Kopling Pada Cielo Manual

KOPLING ( CLUTCH )

Kopling (clutch) terletak diantara mesin dan transmisi, dan berfungsi untuk menghubungkan dan memutuskan putaran mesin ke transmisi yang selanjutnya putaran mesin tersebut diteruskan hingga ke roda. untuk sistem kopling pada Honda Accord cielo adalah menggunakan sitem kering, Plat tunggal dengan pegas diapraghma, kira-kira gitu lah hehehe

Gimana cara kerja kopling pada cielo?

Saat pedal ditekan : Release fork (garpu penekan) menekan release bearing, release bearing menekan dipraghma spring sehingga diapraghma spring mengangkat pressure plate melalui pivot ring dan menyebabkan plat kopling terbebas (tidak lagi terjepit di antara flywheel/ roda gila dan pressure plate/ matahari) sehingga putaran mesin diteruskan ke transmisi.

Saat pedal dilepas : Release fork tidak menekan release bearing, release bearing tidak menekan diapraghma spring sehingga diapraghma spring menekan pressure plate dan pressure plate menekan clutch disc ke flywheel sehingga putaran mesin diteruskan oleh transmisi dan terjadi perpindaan tenaga untuk memutar ban depan.

Bagian – bagian kopling terdiri dari :

20160502202744

Oke, kita bahas satu per dua!!

  • Clutch pedal (pedal kopling)

20160502202817

Fungsi pedal kopling adalah untuk merubah gaya tekanan dari pengemudi untuk diteruskan kedalam master kopling. Ketinggian pedal kopling bisa di setting sesuai dengan karakter owner dalam mengoprasikan kendaraan. Tapi perlu di ingat, settingan ketinggian pedal kopling harus bener2 pas, sebab klo terlalu rendah / pendek bisa menyebabkan kopling tidak sepenuhnya bebas dari jepitan roda gila dan matahari. Imbasnya perpindahan gigi pada waktu pengoprasian presneling menjadi susah (terutama pada gigi rendah) dan jika dipaksakan bisa menyebabkan kerusakan pada sistem transmisi. Begitupun sebaliknya, jika pedal terlalu tinggi bisa menyebabkan kopling tidak terjepit dengan sempurna oleh roda gila dan matahari yang berimbas pada penyaluran tenaga yang tidak sempurna. Tandanya mirip dengan saat plat kopling sudah tipis, selain menyebabkan konsumsi bbm lebih boros juga menyebabkan plat kopling lebih cepat aus.

  • Clutch Master Cylinder / Master kopling atas

20160502202726

Master kopling berfungsi untuk meneruskan gaya tekan dari pedal kopling untuk menggerakkan Release fork (garpu penekan) melalui Slave Cylinder / master kopling bawah. Cara kerja master kopling hampir sama dengan master rem (lihat pada https://cieloownercommunity.com/teknik/kenali-rem-cielo-anda/). Yang membedakan adalah tidak adanya booster pada master kopling. Begitupun dengan kendala yang biasa terjadi pada master kopling, sama persis dengan master rem.

  • Clutch disc (plat kopling/ kampas kopling)

20160502202650

Kampas/ plat kopling atau clutch disc berfungsi untuk meneruskan tenaga dari mesin ke transmisi, berbentuk piringan yang terbuat dari bahan asbes. Pada plat kopling terdiri dari facing yang berfungsi sebagai bidang gesek yang dikeling pada cushion plate dan berfungsi untuk memperlembut saat kopling berhubungan dan cushion plate dikeling pada disc plate. Pada plat kopling terdapat pegas / per yang berfungsi untuk meredam kejutan saat putaran mesin terhubung pada transmisi. Keawetan umur kampas kopling tergantung kelakan ownernya dalam mengoprasikan kendaraan serta komponen yang digunakan (kw atw ori?). Hindari mengemudi dengan posisi kaki kiri tetap menginjak pedal kopling saat tidak memindahkan gigi transmisi, karena hal ini bisa menyebabkan plat kopling tidak terjepit sempurna pada oleh matahari dan roda gila. Trus apa dong tanda2 kampas kopling mulai tipis?? Saat mulai tipis, rpm mesin ada kecenderungan naik tiba2 saat mobil melaju langsam/ tetap (terutama pada posisi rpm tinggi  atau pada tanjakan). Untuk mengecek kampas masih bagus atau tidak cukup mudah, engine on, masukkan gigi 1, lepas pedal kopling pelan-pelan pada rpm 2500 sambil pedal rem tetap ditekan/  hand rem tetap aktif. Bila mesin langsung mati, pertanda kampas masih bagus. Bila mesin tetap hidup (meskipun rpm menjadi rendah), mobil tidak bergerak, berarti owner harus siap2 ngurangin jatah dapur.

  • Pressure plate (plat penekan) & Diaphragm Spring (Pegas Diapragma) Atau istilah bengkelnya Matahari (Cover Cluth)

20160502202717

Fungsinya adalah sebagai tempat dudukan kampas kopling. Di dalam clutch cover terdapat komponen lain yang membantu kerja kopling, yaitu pressure plate/ pelat tekan dan diapharma spring/ pegas kopling. Pelat tekan inilah yang menekan kampas kopling ke flywheel untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke sistem transmisi.  Kerusakan yang terjadi pada matahari sering terjadi disebabkan oleh kampas kopling yang telah habis tetapi tetap dipaksa untuk dioperasikan. Hal ini menyebabkan bahan2 yang terbuat dari metal pada kampas kopling bergesekan dengan plat penekan pada matahari. Imbasnya, plat penekan menjadi bergelombang, jika tetap dipake (meskipun dengan plat kopling baru) menyebabkan proses tekan menekan antara roda gila dan matahari tidak sempurna sehingga rawan kopling selip. Ada baiknya saat menngganti matahari kopling seyogyanya di balancing dulu di tukang bubut (terutama yang KW), tujuannya untuk menghindari terjadinya getaran saat kopling bekerja.
  • Release bearing (bantalan pelepas)

20160502202722

Release bearing adalah bantalan berupa bearing / lakher yang terletak di antara pegas kopling pada matahari dan release fork/ garpu penekan. Fungsinya adalah untuk menekan pelat pegas pada clover clutch/ matahari. Kerusakan yang sering terjadi pada release bearing adalah karena faktor umur part, biasanya karena bearing telah kering (pelumasnya) ataupun sudah oblak/ aus. Tanda dari kerusakan pada part ini adalah timbulnya suara berisik/ gemuruh pada saat pedal kopling dilepas dan suara tersebut berkurang/ hilang saat pedal kopling di injak. Oleh karena itu sangat disarankan saat penggantian kampas kopling sebaiknya dilakukan penggantian release bearing.
  • Slave Cylinder/ Master Kopling Bawah

master kopling bawah

Fungsi dari Slave Cylinder/ Master Kopling Bawah adalah meneruskan tekanan dari master kopling atas untuk menekan release fork/ garpu penekan. Cara kerja dari part ini mirip dengan caliper pada sistem rem (https://cieloownercommunity.com/teknik/kenali-rem-cielo-anda/). Kerusakan yang sering terjadi pada master kopling bawah adalah kebocoran, baik yang disebabkan karena seal piston yang sudah kaku/ pecah maupun piston/ cylinder yang sudah aus.

  • Release fork (garpu penekan)

Screenshot_2016-05-03-22-58-18_1

part ini hampir tidak pernah rusak, Release fork atau sering disebut juga dek lakher berfungsi sebagai garpu penggerak yang mendorong release bearing pada saat kopling dioprasikan.

Salam Solped

Luluk & Sudarmi

image026

Post Author: Luluk

20 thoughts on “Sistem Kopling Pada Cielo Manual

    yogi

    (May 7, 2016 - 1:19 pm)

    Sip infonya, utk cek injection cielo disurabaya dmn ya bro? Yg harganya bersaing bro

    Aris Cahyono

    (May 18, 2016 - 2:05 pm)

    Salam kenal OM Luluk & OM Sudarmi.

    Kira2 untuk yang Sistem Kopling pada Matic punya Om ya.
    Minta tolong sekalian di Share.

    Matur Suwon Om…

      masdar helmi

      (May 18, 2016 - 5:21 pm)

      lagi dalam proses edit om…
      😂😂😂😂

    Aris Cahyono

    (May 18, 2016 - 5:26 pm)

    Di tunggu Om
    Matur Tengkyu….

    Cunk #500

    (August 22, 2016 - 9:35 am)

    Minyak kolingku kok keruh yak??

      masdar helmi

      (August 22, 2016 - 8:24 pm)

      Kuras cunk

    Hammam

    (August 28, 2016 - 11:34 pm)

    Assalamualikum.. selamat malam om, saya pengguna Cielo dari Ciamis Jawa Barat, mautanya kalau untuk set harga kopling accord cielo berpa ya kira2 takutnya kalau beli sebelum bertanya nanti malah di tipu :). minta info sama recomended toko tempat beli nya. terimakasih sebelumnya 🙂 salam

      masdar helmi

      (September 9, 2016 - 11:04 pm)

      Kalo yg merk FCC sekitar 1jtan om, itu dah komplit (kampas kopling, matahari & lakhernya)

    Sigit

    (September 27, 2016 - 7:54 am)

    Utk beli merk FCC komplit ada rekomendasi toko yg bisa kirim2?? Krn didaerah saya ga ada.. terima kasih

    helmy

    (December 16, 2016 - 8:28 am)

    Pagi om Luluk dan om Sudarmi
    Mohon pencerahannya,
    Cielo tahun 94, pada saat mau jalan, masuk gigi 1, pas angkat kopling selalu bunyi “klek”, dibawah mesin, kirakira apa masalahnya ya om…

      Luluk

      (December 16, 2016 - 9:53 am)

      Ada dua kemungkinan om
      Yang pertama engine mounting bagian depan dan atau bagian belakang sudah pecah karetnya sehingga sudah tidak bisa lagi meredam hentkan mesin saat angkatan (mau jalan)
      Yang kedua yang cv joint yang sudah kena rollernya, orang bengkel biasa menyebutnya kokel, biasanya klo sudah parah saat berbelok tajam juga bunyi kletek2

    Aldy

    (January 25, 2017 - 7:47 am)

    Pak kalau kopling cielo saya dibejek ga balik lagi, itu masalahnya dmn ya

      Luluk

      (January 25, 2017 - 3:46 pm)

      Kemungkinan besar dari seal master kopling yang sudah aus tuh om, bisa diganti sealnya doang, atau sekaligus sama pistonnya dengan syarat cylinder master kopling blom baret. Klo sudah baret ya harus di ganti satu glondong master kopling

    Ridwan

    (January 26, 2017 - 2:55 pm)

    Selamwt sore om, sebelumnya mohin maaf mengganggu aktifitasnya.
    Mau tanya om, mobil saya klo mau masuk gigi 2 susah, trus ketika sudah masuk, dan kopling diangkat, ketika jalan malah bunyi krek krek di gearbox, berisik sekali dan hanya pada gigi 2 saja kalo gigi yang lain normal2 saja ga ada masalah. Mohon pencerahannya om, terima kasih.

      Luluk

      (January 27, 2017 - 8:54 am)

      Ada kemungkinan mall fungsi pada gigi 2 pada gearbok om, tidak ada cara lain untuk mengetahui kecuali harus turun gearboxnya

    samuel

    (February 21, 2017 - 8:14 pm)

    Salam cielo om,,saya punya cielo tahun 97, pas hendak mau masuk gigi dari gigi 3 ke 4 bunyi nya kasar om,pa lagi sewaktu pada rpm tinggi
    Terpaksa harus nyari alur biar ngk kasar kali bunyi
    Mohon penjelasannya om,,trimaskasih

      Luluk

      (February 23, 2017 - 6:38 pm)

      Kemungkinan saat perpindahan gigi 3 ke 4 posisi gigi tidak sepenuhnya bebas, coba setingan pedal koplingnya ditinggikan lagi om, biar kopling dan matahari bisa benar2 bebas saat kopling di injak. Klo sudah di seting lebih tinggi pedalnya masih tidak ada perubahan, kemungkinan ada kerusakan pada gearbox

    Wink

    (July 15, 2017 - 12:37 pm)

    Kalo rpm naik pas nginjak kopling itu penyebabnya apa ya mas…

      Luluk

      (July 19, 2017 - 11:01 am)

      Rpm naik nya drastis ga om, kalo cuma naik sedikit (misal dr 800 jd 850-900) masih di ambang batas normal, kalo lebih dari itu ada kemungkinan kerusakan penyaluran tenaga dari jeruk as ke transmusi

    Nicholas

    (July 17, 2017 - 11:22 am)

    Sore om, ijin konsultasi ya.
    Cielo saya kl pas engine break kadang keluar suara grrrrrkkkk berisik dan kl di Gas ky ngga nyantol (ky ada yg lepas)
    Tp kl dikopling suaranya ilang dan bbrp detik kemudian lsg nyantol normal lagi (bisa di gas).
    Kira2 apanya ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *