Kompresi

Apa itu Rasio Kompresi???

rasio kompresi adalah perbandingan volume keseluruhan ruang ruang bakar (saat piston berada di puncak bawah / titik mati bawah) terhadap volume ruang kompresi (saat piston berada di puncak atas / titik mati atas)

Rasio kompresi mengacu pada volume atau jumlah campuran udara dan bahan bakar yang dapat ditampung silinder mesin pada saat kosong (pada ukuran ruang terbesar) dibandingkan dengan volume saat silinder ditekan oleh piston dan memiliki ukuran ruang terkecil.

Rasio ini berlaku untuk mesin pembakaran internal, seperti yang ditemukan dalam kendaraan modern.

Mesin mobil juga memiliki rasio kompresi tertentu. mesin mobil jaman sekarang cenderung memiliki rasio kompresi tinggi.

Mesin dengan rasio kompresi tinggi umumnya dianggap lebih baik karena mampu menghasilkan lebih banyak tenaga dengan tetap mempertahankan efisiensi.

Untuk menghitung rasio kompresi mesin, volume silinder mesin saat piston berada di bagian bawah silinder harus dihitung terlebih dahulu.

Setelah itu, volume silinder saat piston berada di bagian atas silinder juga dihitung. Saat ini adalah saat campuran udara bahan bakar terkompresi.

power-point-motor-bensin-13-638

Perhatikan penjelasan berikut:

  1. Piston turun dan klep terbuka, ruangan di atasnya akan diisi oleh campuran udara dan bensin (dalam bentuk gas), dengan perbandingan 14,7:1 (standar).
  2. Klep tertutup, piston kembali naik ke atas dan menekan campuran udara dan bensin tadi. Semakin kecil ruang tersisa untuk campuran itu, maka semakin besar tekanan yang terjadi. Konsekwensinya ini akan memperbesar tenaga potensial terhadap piston, sehingga siap melakukan tolakan yang lebih dahsyat. Perbandingan ruang bakar total dan ruang yang tersisa setelah dimampatkan (ruang kompresi) tadi disebut perbandingan kompresi. Semakin tinggi perbandingan ini, maka semakin besar tekanan yang terbentuk.
  3. Idealnya, sesaat sebelum piston mencapai titik tertingginya, busi akan memercikan api, sehingga terbakarlah campuran bensin dan udara tadi. Energi yang terlontar dari hasil pembakaran ini dan juga tekanan yang besar tadi akan ‘melemparkan’ kembali piston ke bawah dan memutar poros roda.
  4. Setelah mencapai titik terbawah, maka ruangan akan dipenuhi sisa-sisa pembakaran, idealnya CO2 dan H20 (air), yang juga berupa gas. Ini akan terdorong oleh piston yang kembali naik ke atas, dan klep terbuka, sehingga bisa dibuang lewat knalpot. Pembakaran yang tidak sempurna, bisa menciptakan gas lain yaitu karbon monoksida (CO) yang berbahaya serta meninggalkan kerak di atas kepala piston. Apabila terus menerus, bisa merusak mesin.

mesin pada honda accord cielo menggunakan percikan api dari busi untuk membakar campuran udara dan bensin.

Rasio kompresi yang tinggi dalam mesin bensin sering menimbulkan masalah yang dikenal sebagai ketukan mesin.

Rasio kompresi pada mesin cielo standar adalah 8,8:1 dianggap rendah kalo dibandingkan dengan mobil jaman sekarang.

imageso

 

Rasio kompresi tinggi akan menghasilkan lebih banyak tenaga dengan mengompresi udara dan bahan bakar lebih kuat sehingga menciptakan ledakan pembakaran yang lebih kuat.

Ruangan silinder yang ketat akan membuat udara dan bahan bakar tercampur lebih baik sehingga saat ledakan terjadi lebih banyak dari campuran yang menguap.

Penguapan lebih adalah tanda efisiensi panas yang lebih tinggi, yang berarti mesin berkinerja lebih baik tanpa menggunakan lebih banyak bahan bakar.

Kerugian rasio kompresi lebih tinggi pada mesin bensin adalah kemungkinan timbulnya ketukan pada mesin.

Ketukan terjadi ketika ledakan lebih besar dari yang diinginkan terjadi dan menyebabkan piston bergerak ke atas atau ke bawah terlalu cepat.

Ketukan akan memicu suara berisik dan jika tidak diperbaiki akan merusak mesin secara permanen.

Salah satu cara mencegah terjadinya ketukan pada mesin bensin adalah dengan menggunakan bensin dengan oktan yang lebih tinggi.

Oleh karena itu dengan rasio kompresi yg tergolong rendah, honda accord cielo cukup aman jika menggunakan bbm jenis premium yg beroktan rendah.

 

salam solped

image006

Post Author: admin coc

3 thoughts on “Kompresi

    Arman Saleh

    (June 8, 2016 - 11:01 am)

    luar biasa dipisi teknik… jossss

    Erwim Suryadipraja

    (December 22, 2017 - 12:02 am)

    Maaf mau tanya .
    Rasio Honda Cielo kan kompresi 8.8.1 .
    Saya pernah baca di beberapa situs bahwa dengan kompresi rasio 88.1 itu octan bensin min 87 max 92 (pertamax)
    Berarti dengan nilai octan 92 ke atas tidak dianjurkan karena pembakaran bensin tidak maximal
    Benarkah ?
    Karena cielo saya setelah kemarin kehabisan bensin dijalan dan sekarang diisi bensin mobil berebet alis dut dutan seperti ditarik kebelakang

    masdar helmi

    (January 5, 2018 - 12:06 am)

    accord cielo pada jamannya (94-98) kompresi tergolong rendah (8,8:1) kalo dibandingkan dengan kendaraan jaman now..
    saat itu memang dianjurkan menggunakan premium (pertamax masih jarang ada mungkin)
    tapi kalo cielo sekarang memakai jenis bbm yg oktan tinggi ya tambah bagus di ruang bakarnya, tp dengan catatan semua sistem bekerja normal..

    banyak faktor yg menyebabkan mesin jalan ndut2an (fuel filter kotor, fuel pump lemah, furl tank kotor, injektor kotor dll)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *