Informasi tentang BAN

B A N

banok

  1. Sejarah

Sedikit berbagi info tentang sejarah Ban, penemu ban karet pertama di dunia adalah “Charles Goodyear” lahir di New Haven pada tanggal 29 Desember 1800. Dia seorang berkebangsaan Amerika Serikat yang menemukan cara vulkanisasi karet pada tahun 1839. Ia kemudian mempatenkan penemuannya itu pada tahun 1844.

Goodyear pun berhasil menemukan karet tahan cuaca. Kemudian ia pun terobsesi untuk membuat beragam barang dari bahan material buatannya dan mematenkan ciptaanya itu. Niat langkah Goodyear mempatenkan temuannya itu didahului oleh pionir karet asal Inggris bernama Thomas Hancock yang ironisnya metode vulkanisir yang digunakanya diinspirasi dari contoh karet tahan cuaca ciptaan Goodyear.

Goodyear Tire and Rubber Company didirikan pada tahun 1898 oleh Frank Seiberling yang merupakan produsen ban dan karet ketiga terbesar di dunia setelah Michelin dan Bridgestone. Perusahaan yang bermarkas di Ohio, Amerika Serikat ini memproduksi ban untuk mobil, pesawat terbang, dan mesin berat. Walaupun tidak memiliki hubungan, nama perusahaan ini diambil sebagai penghargaan terhadap Charles Goodyear yang menciptakan vulkanisasi karet pada tahun 1839.

J.B.Dunlop adalah orang pertama yang memulai sejarah penemuan ban bertekanan angin. Charles Kingston Welch menemunkan “ban dalam” yang tidak langsung terkena permukaan tanah karena diberi lapisan tambahan. William Erskine Bartlett, menemukan ban luar yang dilengkapi penguat pada tepinya, agar tidak mudah lepas ketika dipasang pada pelek.

  1. Ban

wgvdvzzP

Ban adalah peranti yang menutupi suatu velg. Ban adalah bagian penting dari kendaraan darat, termasuk pada mobil kita Honda Accord Cielo dan digunakan untuk mengurangi getaran yang disebabkan ketidakteraturan permukaan jalan, melindungi roda dari aus dan kerusakan, serta memberikan kestabilan antara kendaraan dan tanah untuk meningkatkan percepatan dan mempermudah pergerakan. Sebagian besar ban yang ada sekarang, terutama yang digunakan untuk kendaraan bermotor, diproduksi dari karet sintetik,

  1. Fungsi Ban :

– Menahan seluruh berat kendaraan

– Memindahkan tenaga ke permukaan jalan
– Memindahkan gaya pengereman ke permukaan jalan
– Menjadikan sistem kemudi dapat bekerja
– Mengurangi kejutan yang disebabkan oleh permukaan jalan yang tidak rata

  1. Bagian Ban
  • Carcass

Merupakan rangka ban yang keras, cukup kuat untuk menahan udara yang bertekanan tinggi tetapi harus fleksibel untuk meredam perubahan beban dan benturan.

  • Tread

Lapisan karet luar yang melindungi carcass terhadap keausan dan kerusakan yang disebabkan oleh permukaan jalan.

  • Sidewall

Lapisan karet luar yang menutup bagian samping ban dan melindungi carcass terhadap kerusakan dari luar.

  • Breaker

Lapisan yang terletak diantara carcass dan tread yang memperkuat daya rekatnya.

  • Belt

Yang digunakan pada ban radial-ply dan diletakkan seperti sarung mengelilingi ban diantara carcass dan karet tread, untuk menahan carcass dengan kuat.

  • Bead

Untuk mencegah robeknya ban dari RIM / Velg oleh karena berbagai gaya yang bekerja, sisi bebas atau bagian samping ply dikelilingi oleh kawat baja yang disebut bead.

  1. Tipe Tapak Ban
  •   Rib

Jalan rata, kecepatan tinggi, untuk berbagai jenis mobil, Tahanan putar (rolling resistance) lebih kecil, Kendaraan mudah dikendalikan, Suara yang ditimbulkan kecil, Tenaga tariknya kurang baik

  •  Lug

Jalan tidak rata, dan lunak, untuk truk dan industry, Tenaga tarik baik, Rolling resistance cukup tinggi, Tread lebih mudah aus tidak merata, Suara lebih besar

  • Rib and lug

Jalan rata maupun tidak rata, sedan, truk kecil bus, Kendaraan lebih stabil, Kemampuan pengendaraan dan pengereman lebih baik.

  • Block

Jalan berlumpur dan bersalju, Kemampuan pengendaraan dan pengereman lebih baik, Mengurangi slip pada jalan berlumpur/ bersalju, Lebih cepat aus, Rolling resistance lebih besar

  1. Karakteristik dan Jenis Ban

a. Karakteristik Ban

  • Ban Bias

Kenyamanan cukup baik, umur dan kemampuan lebih rendah

  • Ban Radial

Umur pemakaian lebih lama, Peningkatan panas kecil, Stabilitas pengendalian baik, Daya pengereman lebih baik, Rolling resistance (hambatan gesekan) kecil, Kenyamanan kurang dan pengemudian terasa lebih berat

  • Ban Tubeless

Jika ban tertusuk paku atau benda tajam lainnya, ban tidak menjadi kempes secara sekaligus, karena lapisan dalamnya menghasilkan efek merapatkan sendiri. Sehingga pengemudi tidak kehilangan kontrol kendaraan Transfer radiasi panas akan lebih baik, karena udara dalam ban berhubungan langsung dengan velg

b. Jenis Ban

  • Ban Bias

Ban dengan struktur bias adalah yang paling banyak dipakai. Dibuat dari banyak lembar cord yang digunakan sebagai rangka dari ban. Cord ditenun dengan cara zig-zag membentuk sudut 40 sampai 65 derajat sudut terhadap keliling lingkaran ban.

Kenyamanan cukup baik, umur dan kemampuan lebih rendah

  • Ban Radial

Untuk ban radial, konstruksi carcass cord membentuk sudut 90 derajat sudut terhadap keliling lingkaran ban. Jadi dilihat dari samping konstruksi cord adalah dalam arah radial terhadap pusat atau crown dari ban. Bagian dari ban berhubungan langsung dengan permukaan jalan diperkuat oleh semacam sabuk pengikat yang dinamakan “Breaker” atau “Belt”. Ban jenis ini hanya menderita sedikit deformasi dalam bentuknya dari gaya sentrifugal, walaupun pada kecepatan tinggi.

Umur pemakaian lebih lama, Peningkatan panas kecil, Stabilitas pengendalian baik, Daya pengereman lebih baik, Rolling resistance (hambatan gesekan) kecil, Kenyamanan kurang dan pengemudian terasa lebih berat

  • Ban Tubeless

Ban Tubeless adalah ban yang dirancang tanpa mempunyai ban dalam. Ban tubeless diciptakan sekitar tahun 1990. Jika ban tertusuk paku atau benda tajam lainnya, ban tidak menjadi kempes secara sekaligus, karena lapisan dalamnya menghasilkan efek merapatkan sendiri. Sehingga pengemudi tidak kehilangan kontrol kendaraan Transfer radiasi panas akan lebih baik, karena udara dalam ban berhubungan langsung dengan velg

perbedaan_ban

  1. Kode Ban

Dimensi atau ukuran sebuah ban setandar pada Honda Accord Cielo adalah sebagai berikut: ”195/60/R15/87V“

Keterangan dimensi atau ukuran ban tersebut dapat dinyatakan sebagai berikut:

195       : Lebar telapak ban (mm)

60         : aspek ratio untuk ketebalan ban (%) dari lebar telapak ban

V         : kode limit kecepatan

R15      : diameter velg ( inch )

87V     : Indeks kapasitas maksimum beban & Kode Limit Kecepatan

Kod Kecepatan (Km/Jam
P 150
Q 160
R 170
S 180
T 190
H 210
V 240
W 270
Y >300

 

Kod Beban Maksimum (Kg)
62 265
63 272
64 280
66 300
68 315
70 335
73 365
75 387
80-89 450-580
90-100 600-800

 

Perlu diketahui bahwa ban juga mempunyai batas kadaluarsa, biasanya 3 tahun dari tanggal produksi atau sudah menempuh jarak 60 ribu kilometer. Setiap pabrik ban mempunyai kode yang berbeda pada bagian ini, contohnya kode 4013 (artinya ban diproduksi pada minggu ke-40 pada tahun 2013)

Untuk beberapa merk ban ada yang mencantumkan kode Compound ban ditulis dengan kode huruf, yang menunjukan ban itu mempunyai kompon yang lunak sampai yang keras.

Kode “S” = Soft (compound lunak)

Kode “M” = Medium (compound sedang)

Kode “H” = Hard (compound ban keras)

Jadi kode M/C = Medium Compound atau compound ban sedang.

Untuk kode pemakaian ban depan atau ban belakang biasanya di tulis dengan huruf (alphabet) kode “F” front berarti ban tersebut untuk ban depan sedangkan “R” rear ban tersebut untuk ban belakang.

Untuk batas Maksimum tekanan angin ban juga tertera pada bagian samping ban dan jelas sekali menyatakan tekanan angin maksimum yang dapat ditahan oleh ban. Tekanan maksimum yang tertera disini tidak sama dengan tekanan angin yang dianjurkan oleh mobil itu sendiri (karena berbeda2 berat jenis mobil yang dipakai). Tulisan ini menandakan tidak boleh mengisi angin melebihi kapasitas yang tertulis. Dalam hal ini 40 psi artinya jangan mengisi tekanan angin melibihi 40 psi.

Tirecode

Semoga Bermanfaat

Salam Solped

image026

Post Author: admin

1 thought on “Informasi tentang BAN

    Boeing 442

    (March 10, 2016 - 4:53 am)

    Angkat Aku jadi muridmu Suhu..,

    Teksuleng 442

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *